online

rank

pengunjung web site

Flag Counter

blogger unair

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

KEGIATAN PIK AL AZMI

Oleh Admin 21-10-2015 02:29:44

KEGIATAN

Kegiatan yang sudah dilakukan oleh PIK Remaja AL AZMI Periode Kepengurusan Tahun 2013/2014 adalah :

1.       Pembekalan Pengurus

Kegiatan yang dilaksanakan selama 15 Februari 2014 ini dimaksudkan untuk membekali pengurus PIK Remaja AL AZMI yang baru dilantik dengan pengetahuan  dasar tentang TRIAD KRR menjalankan fungsinya. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang multi media MTsN Lengkong dengan materi seksualitas, HIV, AIDS, dan NAPZA  (disampaikan oleh Eko Endri Wiyono, S.Pd, Guru Bimbingan Konseling MTsN Lengkong). Kegiatan ini dimaksudkan untuk melengakapi pembekalan awal yang dilaksanakan sesaat sebelum pelantikan pada tanggal 15 Januari 2014. Pada saat itu dijelaskan tentang program PKBR, PIK Remaja, dan 8 fungsi Keluarga.

 

7

2.       Penataan Administrasi

Administrasi merupakan sarana mencapai tujuan, yang jelas sangat penting dalam jalanya organisasi. Sebagai pengurus periode pertama, sudah pasti segala sesuatunya dimulai dari nol. Karenanyalah dilakukan penataan administrasi meliputi pengadaan buku administrasi dan pengisinya.

3.       Sosialisasi PIK Remaja AL AZMI kepada Remaja

Sebagai sebuah organisasi baru,  tentu masih banyak siswa yang belum mengenal PIK Remaja AL AZMI. Maka dilakukanlah sosialisasi tentang organisasi ini kepada siswa, baik secara personal oleh tiap-tiap pengurus.

4.       Rekrutmen Anggota

Jumlah personal PIK Remaja AL AZMI saat terbentuk tidak terlalu banyak, rekrutmen anggota dilakukan untuk menambah kekuatan PIK Remaja AL AZMI dalam melaksanakan fungsinya.

5.       Sosialisasi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja

Permasalahan-permasalahan terkait remaja begitu kompleks. Pengurus kemudian mengadakan kegiatan Sosialisasi tentang kesehatan Reproduksi Remaja untuk seluruh siswa.

6.       Mengikuti Sosisalisasi KRR

Yang diselenggrakan oleh BPPKB Kabupaten Nganjuk. Atas undangan Badan pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Nganjuk, Sosialisasi KRR yang dilaksanakan di Gedung Anjuk Ladang pada hari Sabtu, 28 Desember 2013. Kegiatan ini didiikuti oleh Guru Bk dan Waka Kesiswaan SLTP Negeri/Swasta.

7.       Mengikuti pemilihan PIK Remaja Unggulan

 Yang diselenggarakan oleh BPPKB Kabupaten Nganjuk.

8.       Pengadaan Perpustakaan Mini

Diperlukan untuk menambah wawasan anggota sebagai bekal melakukan konseling ataupun KIE, maka PIK Remaja AL AZMI mengusahakan Perpustakaan Mini dengan mengumpulkan buku-buku ataupun kliping secara swadaya anggota, sumbangan pihak luar, serta meminjam perpustakaan sekolah.

9.       Pembuatan Mading

Bekerja sama dengan eskul jurnalistik, PIK AL AZMI  mengisi artikel tentang KRR atu materi lain yang terkait dimading sekolah. Bahkan secara berkala PIK Remaja AL AZMI juga menerbitkan madingnya sendiri, yang khusus membahas seputar

8

permasalahan remaja.

10.   Mempunyai akses pada jaringan internet

PIK Remaja AL AZMI, lebih dikenal oleh masyarakat luas dan sekaligus juga untuk sosialisasi/KIE tentang permasalahan- permasalahan remaja, memamfaatkan jaringan internet, maka PIK Remaja AL AZMI  memanfaatkan blog dengan label PIK R yang dapat dakses didunia maya dengan nama blog www.mtsnlengkong.blogspot.com dengan label PIK-R.

11.   Konseling Totur Sebaya

Konseling Totur Sebaya dilakukan oleh pengurus yang sudah terlatih. Client adalah siswa yang membutuhkan konseling. Kegiatan ini dilakukan secara personal. Waktu dan tempat penyesuaianya.

12.   Pertemuan Rutin

Pertemuan Rutin PIK Remaja AL AZMI  dilakukan setiap hari Sabtu, Kegiatan ini dimaksudkan untuk koordinasi terkait denga  pelaksanaan program, dinamika kelompok, pembinaan khusus.

13.   Kewirausahaan / Life Skills

Jurnalistik, Broadasting dan Membatik sebagai bekal keakapan hidup remaja, Mengadakan pelatihan- pelatihan untuk membekali anggota PIK Remaja dengan ilmu/pengetahuan dan kerterampilan agar dapat mencari penghasilan sendiri.