Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Tanggapan Surat pendengar Eko Endri Wiyono dari RADIO SUARA VIETNAM KANAL SIARAN LUAR NEGERI JEMBATAN PENGHUBUNG VIETNAM DENGAN SAHABAT INTERNASIONAL 27 Juli 2013 - 17:30:00 Perkenalan tentang Masjid Al-Noor di kota Hanoi

Oleh Admin 03-09-2014 21:34:51

Tanggapan Surat pendengar Eko Endri Wiyono dari RADIO SUARA VIETNAM KANAL SIARAN LUAR NEGERI JEMBATAN PENGHUBUNG VIETNAM DENGAN SAHABAT INTERNASIONAL 27 Juli 2013 - 17:30:00

Perkenalan tentang Masjid Al-Noor di kota Hanoi

 

(VOVworld) - Pada pekan ini, seluruh VOV5 telah menerima 192 surat, khususnya program siaran bahasa Indonesia telah menerima 29 surat dari para pendengar, M.Sumantri  di Jawa Barat, M. Zainal di Jambi, Eko Endri Wiyono di Jawa Timur, Thedja Haryanto di Kalimantan, Minlin di Jawa Barat dan beberapa pendengar lain. Pada acara kita untuk hari ini, kami  ajak omong - omong dengan saudara M.Zainal, Eko Endri Wiyono dan Thedja Haryanto. Tetapi sebelumnya, kami akan memperkenalkan Masjid Al-Noor di kota Hanoi menurut permintaan saudara M. Zainal.

 

                Saudara M Zainal dan para pendengar  yang budiman! Pada pekan ini, kami telah menerima banyak Email Anda dengan laporan hasil pemantauan mengenai gelombang dan isi semua  rubrik program siaran bahasa Indonesia. Dalam surat, Anda juga menulis: “Yang saya tahu di kota Hanoi ada Masjid Al-Noor di jalan Hang Luoc. Pada bulan puasa masjid ini menjadi tempat berkumpulnya umat Muslim di Hanoi untuk berbuka puasa bersama”. Saudara yang budiman! Di kota Hanoi ada satu masjid yang bernama: Al-Noor. Masjid ini dibangun oleh  kelompok  wirausaha India pada tahun 1885 untuk kepentingan  agama dan resmi digunakan pada 1890. Ini merupakan masjid Islam satu-satunya di kota Hanoi dan di Vietnam Utara. Terletak di No.12, jalan Hang Luoc- sektor jalan kuno yang ramai di kota Hanoi, Masjid Al-Noor luasnya kira-kira 700 meter persegi dengan arsitektur Arab, sesuai dengan tipe Islam tipikel dengan satu kubah yang pintunya melengkung dan atap-nya runcing.

 

 Menurut kebiasaan, pada waktu lohor hari Jumat setiap pekan, Masjid ini dibuka untuk menerima Umat Muslim datang melakukan ibadah agama. Upacara ibadah itu memakan waktu kira - kira satu jam, dari pukul 12.30 - 13.30. Umat Muslim yang  melakukan ibadah agama di sini pada pokoknya adalah orang asing, diantaranya ada masyarakat Muslim Indonesia, penganut Islam keturunan Vietnam yang tinggal dan bekerja di kota Hanoi dan beberapa propinsi di Vietnam Utara. Selain itu, ini juga alamat wisata untuk semua rombongan wisatawan manca negara ketika berkunjung di kota Hanoi, khususnya rombongan - rombongan wisatawan  Islam.

 

Pada Desember 2011, kota Hanoi telah membolehkan membentuk Badan Komisaris sementara Masjid Al- Noor Hanoi- organisasi  perwakilan Umat Muslim yang tinggal dan bekerja di ibu kota Hanoi. Peristiwa ini mempunyai arti yang amat besar terhadap orang-orangMuslim  di sini dalam membentuk jembatan penghubung dengan Komunitas Muslim Vietnam pada khususnya dan dunia pada umumnya.

 

Saudara M.Zainal dan para pendengar yang budiman! Mudah - mudahan, penjelasan singkat tersebut memuaskan Anda Sekalian. Berikut ini, kami ajak omong - omong dengan saudara Thedja Haryanto di Kalimantan. Saudara yang budiman! Kami telah menerima surat dan jawaban Kuiz bulan Juni dari Anda. Kami akan mengumumkan hasilnya pada akhir Juli ini. Marilah saudara  mengikutinya untuk memantau hasil Kuiz ini. Kami berharap akan menerima surat dan laporan hasil pemantauan siaran Radio dari Anda. Untuk menutup acara kita untuk hari ini, kami omong-omong dengan saudara Eko Endri Wiyono di Jawa Timur.

 

 Dalam surat  Anda kepada kami, Anda menulis : “Terimakasih telah dikirim email belajar Bahasa Vietnam, bagaimana buku yang bisa dipelajari terbitan Radio Suara Vietnam”. Saudara yang budiman! Kami sangat gembira ketika menerima umpan balik  aktif dari Anda dan para pendengar lain tentang program pengajaran bahasa Vietnam. Marilah sauara mengikuti setiap  pelajaran kami. Untuk melihat dan mendengar kembali acara ini, masilah saudara masuk Website VOV5 melalui alamat: www.vovworld.vn atau www.vov5.vn. Para pendengar, seperti biasa, kami  terus dengan acara belajar bahasa Vietnam.

Apa kabar?

Bạn có khá»e không?

Baik - baik saja :

Tôi khá»e.

Atau:  Saya  agak kurang sehat

Tôi không khá»e.

 

Berikut ini, kami sampaikan pertanyaan Kuiz bulan Juli sebagai berikut.

1-Tanggal berapa Vietnam melakukan peringatan Hari Prajurit Penyandang dan Pahlawan Gugur? 2-Berapa orang yang turut dalam Kuiz bulan  Juli 2013?

 

 Para pendengar, mulai 26 Juli ini, semua penyiar program siaran  bahasa Indonesia (VOV5) menggunakan nama aslinya. Yaitu Anh Dung, Tu Thuy, Anh Vu, Trung Cuong, Huong Tra dan Nguyen Ha.  Terimakasih ./.

Sumber : http://vovworld.vn/id-ID/Kotak-Surat-Anda/Perkenalan-tentang-Masjid-AlNoor-di-kota-Hanoi/169592.vov