Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Tanggapan Surat pendengar Eko Endri Wiyono dari RADIO SUARA VIETNAM KANAL SIARAN LUAR NEGERI JEMBATAN PENGHUBUNG VIETNAM DENGAN SAHABAT INTERNASIONAL 25 Januari 2014 - 16:30:00 Perkenalan tentang usaha penanaman kopi di Vietnam

Oleh Admin 03-09-2014 21:38:04

Tanggapan Surat pendengar Eko Endri Wiyono dari RADIO SUARA VIETNAM KANAL SIARAN LUAR NEGERI JEMBATAN PENGHUBUNG VIETNAM DENGAN SAHABAT INTERNASIONAL  25 Januari 2014 - 16:30:00

Perkenalan tentang usaha penanaman kopi di Vietnam

 

(VOVworld) – Saudara yang budiman, kami sangat gembira bía bertemu lagi dengan saudara-saudara pada acara Kotak Surat Anda untuk hari ini. Pada pekan lalu kami telah menerima 236 surat dari para pendengar VOV di banyak negara di dunia, diantaranya ada 24 surat dan laporan pemantauan siaran radio yang terinci dari para pendengar Indonesia seperti saudara-saudara M.Zainal di Jambi, Rudy Hartono di Kalimantan Barat, Aji Sukardi di Bekasi, Fachri di Pekanbaru, Eko Endri Wiyono di Jawa Timur dan banyak pendengar lain.

 

Dalam surat kepada VOV, saudara M.Zainal di Jambi menulis “Seperti apa cabang budidaya kopi Vietnam”?

 

Saudara yang budiman, Kopi muncul di Vietnam sejak tahun 1857. Untuk memenuhi kebutuhan menikmati kopi, banyak keluarga Perancis telah membawa kopi ke Vietnam dan membuka perkebunan penanaman kopi di daerah-daerah pegunungan Vietnam.Dengan cuaca yang cocok dan kondusif, usaha penanaman kopi Vietnam telah berkembang kuat dan hasilnya digemari di banyak negara di dunia. Menurut Luong Van Tu, Ketua Asosiasi Kopi dan Kakao Vietnam, pada musim panen 2013, hasil produksi kopi Vietnam mencapai kira-kira 1,45 juta ton. Sekarang hasil produksi kopi di Vietnam pada pokoknya melayani kebutuhan ekspor, sedangkan jumlah konsumsi di dalam negeri hanya mencapai 3,6% dari total hasil produksi saja.

 

Bapak Luong Van Tu mengatakan: “Sekarang kita sedang mengekspor sangat banyak kopi ke Filipina, Indonesia, Malaysia dan Tiongkok. Vietnam sekarang menduduki kira-kira 16% pangsa pasar dunia, jika hanya menghitung jenis kopi Robusta saja, kita bisa menduduki sampai 60% pangsa pasar dunia. Jumlah jenis kopi Arabika yang diekspor mencapai kira-kira 3% sedangkan jenis kopi Robusta mencapai 97% total ekspor kopi Vietnam”.

 

Menurut penilaian bapak Luong Van Tu, kecenderungan harga kopi Arabica sedang turun drastis, sedangkan harga kopi Robusta semakin naik dan Vietnam punya keunggulan dalam memproduksi jenis kopi Robusta ini. Dengan jenis tanah yang cocok untuk penanaman kopi, jumlah kopi ekspor Vietnam semakin naik setiap tahun dan merupakan salah satu diantara produk-produk pertanian andalan, mendatangkan keuntungan besar kepada kaum tani.

 

Saudara yang budiman, Semoga Anda merasa puas dengan informasi-informasi tersebut. Kami mengucapkan selamat sehat walafiat kepada Anda sekeluarga.

 

Pendengar berikutnya yang kami ajak berbincang-bincang ialah saudara Rudi Hartono di Kalimantan Barat. Saudara yang budiman, Kami berterima kasih karena Anda telah secara permanen mendengarkan dan mengirim laporan pemantauan siaran Radio terinci serta penilaian yang positif kepada program siaran bahasa Indonesia, VOV. Anda memberitahukan bahwa kualitas siaran VOV pada Desember 2013 pada frekuensi 12020 Khz sangat bagus, SINPO 55555 dan 44444. Terima kasih dan kami berharap Anda akan terus mendukung kami pada waktu mendatang.

 

Saudara Fachri yang tercinta, Kami telah menerima surat dan laporan pemantauan siaran Radio dari Anda. Dalam surat kepada kami, anda bertanya “Bagaimana suasana merayakan Tet di kota Hanoi dan Vietnam? Apakah sama seperti negara lain tidak”?. Senang sekali dapat menerima surat dan laporan dari anda. Pada hari-hari ini di seluruh Vietnam sedang berlangsung secara bergelora suasana menyongsong musim Semi baru. Dalam acara kami setiap hari, kami selalu mengupdate semua informasi terkini tentang aktivitas-aktivitas menyongsong Hari Raya Tet tradisional bangsa. Marilah anda mendengarkannya dan mengakses pada website kami pada nama domain www.vovworld.vn atau www.vov5.vn untuk bisa meninjau secara terinci dan mengupdate situasi menyongsong Hari Raya Tet di Vietnam. Sampai jumpa lagi dalam acara Kotak Surat Anda pekan mendatang.

 

Para pendengar, pada acara masuk dapur pada pekan ini, kami akan memperkenalkan cara membuat kue Chung, satu jenis kue yang tak bisa kurang pada Hari Raya Tahun Baru Tradisional bangsa Vietnam

Untuk membuat kue Chung, kita harus menyiapkan beberapa bahan seperti beras ketan yang sudah direndam sedikitnya 8 jam, kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya, direbus dan dilumatkan; daging babi bagian perut yang direndam dengan garam dan lada; daun pohon ganyong yang dicuci bersih serta tutus bambu.

Beras ketan diletakkan di atas 2 lembar daun ganyong yang dibentuk bersilangan, ditambah kacang hijau, lalu 2 potongan daging dan kacang hijau lagi dan akhirnya ialah beras ketan. Kemudian kita membungkus kue Chung menjadi bentuk segi dan direbus dari 10 sampai 14 jam. Anda coba sendiri yah.

Saudara pendengar! Sehubungan dengan Hari Raya Tahun Baru Tradisional Imlek (atau Hari Raya Tet Vietnam) kami memperkenalkan beberapa cara ucapan selamat Tahun Baru yang bisa dipakai  di Vietnam

 

1-Semoga panjang umur!

 

  -Chúc sá»ng lâu!

 

2-Chúc an khang thá»nh vượng!

 

- Semoga  aman, sehat dan banyak rezeki!

 

3-Chúc Vạn sá»± nhÆ° ý

 

-Semoga sukses dalam segala yang didambakan

 

4- Chúc sức khá»e dá»i dào

 

-Semoga sehat walafiat selama-lamanya!

Sumber : http://vovworld.vn/id-ID/Kotak-Surat-Anda/Perkenalan-tentang-usaha-penanaman-kopi-di-Vietnam/211742.vov