Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Tanggapan Surat pendengar Eko Endri Wiyono dari RADIO SUARA VIETNAM KANAL SIARAN LUAR NEGERI JEMBATAN PENGHUBUNG VIETNAM DENGAN SAHABAT INTERNASIONAL 19 Juli 2014 - 17:30:00 Perkenalan sepintas lintas tentang hobi budidaya ikan hias di Vietnam

Oleh Admin 03-09-2014 21:40:23

Tanggapan Surat pendengar Eko Endri Wiyono dari RADIO SUARA VIETNAM KANAL SIARAN LUAR NEGERI JEMBATAN PENGHUBUNG VIETNAM DENGAN SAHABAT INTERNASIONAL 19 Juli 2014 - 17:30:00

Perkenalan sepintas lintas tentang hobi budidaya ikan hias di Vietnam

 

(VOVworld) - Kami dengan gembira bertemu kembali dengan saudara-saudara dalam acara “Kotak Surat Anda” hari ini. Program Siaran Bahasa Indonesia (VOV5)pada pekan ini, menerima 23 surat dari pendengar Indonesia, diantaranya ada dari saudara Tjang Pak Ning di Sumatera Timur, M.Zainal di Jambi, M.Sumantri di Jawa Barat, Minlin di Jawa Barat, Thedja Haryanto di Sekadau, Yohanes Lesmana di Jakarta Pusat dan beberapa pendengar yang lain. Dalam acara kita hari ini, kami akan berbincang-bincang dengan M.Sumantri di Jawa Barat dan memperkenalkan sepintas lintas tentang hobi budidaya ikan hias di Vietnam menurut permintaan saudara Eko Endri Wiyono di Bali dan beberapa pendengar lain.

 

Untuk memulai acara: “Kotak Surat Anda” hari ini, kami berbincang-bincang dengan  M.Sumantri  di Jawa Barat. Saudara M. Sumantri yang budiman! Pada pekan ini, kami telah menerima surat dan laporan hasil pemantauan siaran Radio dari Anda dengan penilaian kualitas gelombang yang baik, SINPO 44444. Dalam surat, Anda juga mengirim jawaban Kuis triwulan II tahun 2014. Kami berterimakasih atas  partisipasi aktif dari Anda dan berharap supaya Anda terus mengirim surat dan laporan hasil pemantauan Radio kepada kami.

 

Dalam surat kepada kami, saudara Eko Endri Wiyono di Bali bertanya: “Seperti apakah jenis-jenis ikan hias di Vietnam?”. Saudara Eko Endri Wiyono  dan saudara-saudara yang budiman! Budidaya ikan hias  dalam rumah merupakan satu hobi  yang santun, mendatangkan kesejukan  dan suasana santai setelah jam-jam kerja yang melelahkan …Menurut konsep orang Timur, budidaya ikan hias juga mendatangkan banyak kemujuran dan kesejahteraan kepada tuan rumah kalau menaati prinsip Feng Shui. Oleh karena itu, di Vietnam hobi budidaya ikan hias menjadi semakin  umum dan digemari banyak lapisan rakyat dan berbagai tingkat usia dalam masyarakat. Jenis ikan yang dipiara juga sangat beranekaragam, dari ikan-ikan yang harganya sedang-sedang saja, misalnya ikan emas, ikan punya sapta warna, ikan tiga berekor berkepala naga, ikan berekor merah dan lain-lain…dengan harga dari 10 000 dong Vietnam (sama dengan 0,5 dolar Amerika Serikat) sampai 50 000 dong Vietnam (sama kira-kira 2,5 dolar Amerika Serikat) seekor dan ikan-ikan yang harganya mahal, misalnya ikan naga, ikan piring, ikan karper, ikan karper Jepang  dan lain-lain…, ada jenis ikan yang harganya mencapai dari beberapa juta dong Vietnam sampai puluhan juta Dong Vietnam. Saudara Nguyen Thanh Trung di kota Hanoi, seorang yang punya hobi budidaya ikan sejak kecil  mengatakan: “Setelah duduk di depan komputer dari 1- 2 jam, saya merasa lelah, maka saya telah meletakkan satu akuarium di tempat kerja, kadang-kadang kalau ingin mau lepas dari fikiran akan pekerjaan, saya memandangi  ikan- ikan berenang untuk relex dan merasa lebih nyaman ”.

 

     Menurut Asosiasi Pengolahan dan Ekspor Hasil Perikanan Vietnam (VASEP), sekarang ini, hampir semua jenis ikan hias di dunia ada di Vietnam dengan totalnya 100 jenis. Pusat-pusat ikan hias besar di Vietnam terdiri dari propinsi Quang Ninh, berbagai kota-kota yaitu Hanoi, Ho Chí Minh, Hai Phong, Nha Trang, Äa Nang, Vung Tau, diantaranya kota Ho Chi Minh menjadi pelopor dalam gerakan budidaya dan bisnis ikan hias. Produknya tidak hanya dipasarkan di dalam negeri saja, melainkan juga untuk ekspor. Ikan yang membawa brand Vietnam telah hadir di banyak negara dan teritorial di Eropa, Asia dan Amerika sekarang ini… Uni Eropa merupakan pasar impor ikan hias paling besar dari Vietnam, menduduki lebih dari 50 persen total nilai ekspor ikan hias di seluruh negeri.

 

     Saudara-saudara pendengar, dalam rubrik “Masuk Dapur” hari ini, kami memperkenalkan satu jenis sup untuk musim panas yalah Melon campur kacang.

 

* Bahannya: Tiga buah melon hijau, kacang, sayur wangi, bawang putih,  bawang merah, air jeruk nipis, cabai segar, kecap ikan, garam, lada, gula.

 

*Cara membuat: Melon dibelah menjadi dua, lepaskan bijinya, dibersihkan, diiris tipis. Semuanya direndam dalam satu sendok garam selama 5 menit supaya melon itu menjadi lunak dan rapuh. Kemudian, campuran melon ini dibersihkan dan dihabiskan airnya. Goreng bawang merah, bawang putih dengan minyak goreng setelah itu mencurahkan campuran ini ke atas melon, tambah sedikit vetsin, lada, kecap ikan, air jeruk nipis sehingga sesuai dengan selera. Akhirnya masukkan kacang yang sudah dihancurkan dan sayur- sayuran wangi kepadanya. Nah sekarang, kita telah ada satu masakan yang enek pada musim panas.

 

Untuk menutup acara Kotak Surat Anda untuk hari ini, kita bersama-sama belajar bahasa Vietnam.

 

1- Ide: Ý tÆ°á»ng

 

   Agak: Khá, hÆ¡i

 

   Haus: Khát

 

   Sesudah: Sau khi

 

   Rapat: Cuá»c há»p

 

   Itu ide yang baik. Saya agak haus juga sesudah rapat: Äó là ý kiến hay. Tôi cÅ©ng khá khát sau cuá»c há»p.

 

2-Kafetaria: Quán cà phê

 

    Terdekat: Gần nhất

 

     Di sebelah sana  itu:  á» Äằng kia

 

   Mari kita  pergi ke kafetaria yang terdekat di sebelah sana  itu: Chúng ta hãy tá»i quán cà phê gần nhất á»

 

Äằng kia Äi.

 

Untuk mendengarkan acara kami, marilah saudara-saudara membuka Website melalui alamat: www.vovworld.vn atau www.vov5.vn./.

Sumber : http://vovworld.vn/id-ID/Kotak-Surat-Anda/Perkenalan-sepintas-lintas-tentang-hobi-budidaya-ikan-hias-di-Vietnam/255411.vov