Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Tanggapan Surat pendengar Eko Endri Wiyono dari RADIO SUARA VIETNAM KANAL SIARAN LUAR NEGERI JEMBATAN PENGHUBUNG VIETNAM DENGAN SAHABAT INTERNASIONAL 30 Agustus 2014 - 15:00:00 Sistem tingkat belajar di Vietnam

Oleh Admin 03-09-2014 21:42:00

Tanggapan Surat pendengar Eko Endri Wiyono dari RADIO SUARA VIETNAM KANAL SIARAN LUAR NEGERI JEMBATAN PENGHUBUNG VIETNAM DENGAN SAHABAT INTERNASIONAL 30 Agustus 2014 - 15:00:00

 

Sistem tingkat belajar di Vietnam

 

(VOVworld) – Pada pekan ini, seluruh VOV5 telah menerima 175  surat pendengar dari 33 negara dan teritorial, khususnya program siaran Indonesia menerima 28 surat, diantaranya ada dari saudara-saudara: M.Sumantri di Jawa Barat, M.Zainal di Jambi, Eko Endri Wiyono di Jawa Timur, Marry Liong di Jawa Tengah dan beberapa pendengar yang lain ….Pada acara kita hari ini, kami akan berbincang-bincang dengan saudara Fachri di Pekan Baru dan memperkenalkan tentang sistem tingkat belajar di Vietnam, menurut permintaan saudara Eko Endri Wiyono di Jawa Timur. Marilah saudara-saudara bersama-sama mengikutinya.

Untuk memulai acara kita hari ini, kami berbincang –bincang dengan saudara Fachri di Pekan Baru. Pada pekan ini, kami telah menerima surat dan laporan hasil pemantauan siaran Radio yang terinci dari Anda dari 6- 20 Agustus ini, kualitas gelombang baik dengan SINPO 45544. Kami berharap supaya Anda terus mengirim surat, laporan hasil pemantauan siaran Radio dan sumbangan pendapat kepada kami, khususnya penilaian tentang  cara membaca dari para penyiar agar program siaran kami semakin maju. Mudah-mudahan Anda sehat walafiat.

Dalam surat kepada kami, saudara Eko Endri Wiyono di Jawa Timur bertanya: “Apakah jenjang-jenjang sekolah Vietnam mulai dasar sampai perguruan tinggi dan sekolah apa yang mengkhususkan mengenai kecakapan hidup?”

Saudara Fachri yang budiman! Pendidikan  dasar di Vietnam dibagi menjadi tiga tingkat yalah Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Tingkat SD dimulai  untuk para pelajar yang usianya dari 6 tahun - 11 tahun, dari kelas 1 sampai kelas 5. Tingkat SMP terdiri dari 4 kelas, dari kelas 4  sampai kelas 9, usianya dari 11 tahun -15 tahun. Tingkat SMA meliputi tiga kelas, dari kelas 10 sampai kelas 12, usianya dari 15 tahun sampai 18 tahun. Setelah menyelesaikan tingkat-tingkat pendidikan ini, para pelajar bisa terus belajar di Sekolah Tinggi, Akademi atau Sekolah Kejuruan.

 

Seiring dengan proses mendidik ilmu pengetahuan untuk kaum pelajar, pada tahun-tahun belakangan ini, Kementerian Pendidikan dan Pelatihan Vietnam telah melakukan penelitian untuk menterjemahkan program Kemampuan hidup ke tingkat SD dan SMP. Akan tetapi, ini bukan mata pelajaran resmi. Program ini  bersifat jam ekstrakulikuler dan diselipkan dalam mata-mata pelajaran lain. Bentuk pendidikan ini pada pokoknya dijalankan di kota-kota besar, misalnya kota Hanoi dan kota Ho Chi Minh. Ibu Guru Le An Hoa, seorang guru dari Sistem pendidikan Ismartkids di kota Hanoi memberitahukan:“ Orang tua pelajar serta guru secara permanen membantu pelajar menghapuskan semangat menggantungkan diri dari anak-anak di kemudian hari, oleh karena itu, tuntutan yang paling perlu dari pendidikan kita yalah menggembleng kemandirian  sejak duduk di bangku sekolah. Usia yang paling cocok yalah dari 4- 5 tahun agar mereka bisa membuat pekerjaan-pekerjaan yang sederhana, misalnya menggosok gigi, mencuci muka, melipat pakaian, mengenakan  pakaian  sebelum ke sekolah dan lain-lain…”

 

Untuk memenuhi kebutuhan  para orang tua pelajar di Vietnam sekarang ada banyak pusat yang mengajar kemampuan hidup untuk anak-anak yang diizinkan dan dikelola oleh Dinas Pendidikan di setiap propinsi dan kota. Para orang tua pelajar selalu mendaftarkan nama anak mereka untuk mengikuiti program ini pada musim panas dengan harapan bahwa anak-anaknya akan percaya diri dan  kemampuan hidupnya berkembang  melalui temu pergaulan di grup-grup, permainan, kunjungan di udara luar atau acara memasak untuk anak-anak perempuan, semesta dalam tentara untuk anak laki-laki dan lain-lain… Dari situ, membantu anak-anak bisa punya semangat kemasyarakatan yang mantap  sehingga mereka selalu memahami diri sebagai satu bagian dalam masyarakat dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

 

Saudara-saudara pendengar! Pada triwulan III tahun ini, kami menerima banyak jawaban Kuis para pendengar Indonesia. Selain para pendengar setia dari VOV, ada partisipasi dari banyak pendengar baru, misalnya saudara Thedja, Ira S, Sefni, Wiro dan lain-lain...Kami dengan gembira mengumumkan bahwa  semua peserta Kuis  telah mengeluarkan jawaban yang tepat. Tetapi, diantaranya ada saudara Minlin di Jawa Barat  yang merebut hadiah pertama dengan jawaban yang paling sempurna dan akurat. Kami akan mengirim hadiah kepada saudara Minlin dan suvenir kepada para peserta Kuis. Selamat menunggu dan siap dengan Kuis triwulan IV.

 

Untuk menutup acara kita hari ini, kita bersama-sama belajar kata-kata baru bahasa Vietnam.

 

1- Uang: Tiá»n

 

2- Uang tunai:  Tiá»n mặt

 

3, Koin: Tiá»n xu

 

4- Mata uang asing: ngoại tá»

 

5- Seratus dong Vietnam: Má»t trÄm Äá»ng

 

6- Seribu dong Vietnam: Má»t nghìn Äá»ng

7- Sejuta dong Vietnam: Má»t triá»u Äá»ng

 

8- Semiliar dong Vietnam: Má»t tá»· Äá»ng .

 

Untuk mendengarkan acara kami, marilah saudara-saudara membuka Website melalui alamat: www.vovworld.vn atau www.vov5.vn./.

Sumber : http://vovworld.vn/id-ID/Kotak-Surat-Anda/Sistem-tingkat-belajar-di-Vietnam/266363.vov