Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Pembinaan Hisab Rukyat

Oleh Admin 09-10-2015 17:14:54

Kab. Banyuwangi (Humas) – Tahun ini pelaksanaan hari raya Idul Adlha 1436 H terjadi perbedaan. Pemerintah telah menetapkan hari raya jatuh pada hari Kamis, 24 September 2015, sedangkan ormas Muhammadiyah berhari raya pada hari Rabu, 23 September. Namun perbedaan tersebut hendaknya jangan dijadikan perpecahan di dalam intern umat beragama, demikian kata Chairul Anwar Plt. Kasubag TU Kankemenag Kab. Banyuwangi, saat membuka acara Pembinaan Hisab Rukyat di Aula setempat, kemarin (22/9).

Dirinya menambahkan, selaku abdi negara sudah selayaknya bisa memberikan pencerahan pada masyarakat dalam menyikapi perbedaan ini. Sementara itu, Imam Muklis selaku Penyelenggara Syariah dalam laporannya mengatakan, tujuan pembinaan ini untuk memberikan wawasan pengetahuan bagi para penghulu, penyuluh dan ormas Islam tentang hisab dan rukyat.

Dalam kesempatan ini kata Muklis, dua nara sumber H. Ghufron Mustofa dan Mustain Hakin dari Badan Hisab Rukyta (BHR) Kab. Banyuwangi hadir memberikan pemaparan tentang ilmu falak dan metode hisab rukyat. Acara yang digelar di aula itu diikuti lima puluh peserta, terdiri dari Penghulu, Penyuluh, dan utusan dari Ormas Islam. (Yasin) jatim.kemenag.go.id