Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Asesmen Kompetensi Pegawai 17 Kemenag Kabupaten Kota

Oleh Admin 09-10-2015 17:20:29

Sidoarjo (Inmas Jatim) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur terus menggiatkan Asesmen Kompetensi Pegawai. Mulai hari ini, Senin 28 September 2015 hingga esok lusa Kamis, 2 Oktober 2015 Asesmen Kompetensi tahap kedua di lingkungan Kementerian Agama Jawa Timur dilaksanakan di aula Al Ikhlas 2 mulai pukul 08.00 WIB.

Kegiatan untuk mengetahui kemampuan dan kompetensi pemangku jabatan pada tahap kedua ini ini diikuti oleh 120 orang peserta dengan rincian, pada hari pertama diikuti oleh 30 guru madrasah. Hari kedua dan ketiga diikuti oleh 30 pemangku eselon 4. Sedangkan hari terakhir diikuti oleh 30 kepala KUA yang seluruhnya berasal dari 17 kabupaten / Kota di Jawa Timur yang dipetakan akan memiliki kekosongan jabatan kepala madrasah, pemangku eselon 4 dan kepala KUA.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Kasubbag Ortala Kepegawaian Kanwil  Kemenag Jatim, Syaikhul Hadi, S.Ag,M.Fil.I menjelaskan bahwa proses Asesmen Kompetensi ini diawali dengan seleksi administratif untuk guru, JFU yang memenuhi syarat pada eselon 4 serta penghulu oleh Kantor Kemenag Kabupaten/ Kota masing masing. Selanjutnya hasil tersebut akan diseleksi oleh Kanwil Kemenag jatim untuk diikutssertakan dalam Assesmen Kompetensi kali ini. 

Tahapan pelaksanaan Asesmen Kompetensi yang melibatkan 2 Asessor Internal dari Biro Kepegawaian Kemenag RI, 4 Asesor Eksternal dari UIN Maliki Malang serta 3 pejabat eselon III pada Kanwil Kemenag Jatim ini terdiri dari tes psikologi, tes tulis tehnis pengetahuan, Leadership Group Discussion serta wawancara teknis.

Syaikhul Hadi menegaskan bahwa melalui Asesmen Kompetensi Pegawai ini, maka kompetensi para pemangku jabatan dan calon pemangku jabatan akan diketahui. “ kedepannya nanti, semua PNS akan mengikuti Assesmen ini untuk mengetahui kemampuan kompetensi pemangku jabatan. Karena itu, Kemenag Jatim akan mengadakan Asesmen Kompetensi tahap ketiga pada Oktober mendatang dan secara bertahap Asesmen akan dilaksanakan ke semua Kabupaten Kota se-Jawa Timur” tandasnya.

 

Kasubbag Ortala dan kepegawaian Kanwil Kemenag Jatim ini juga menyampaikan bahwa hasil Asesmen Kompetensi ini akan digunakan sebagai salah satu bahan ketika ada jabatan kosong untuk membantu Baperjakat dalam menentukan seseorang menduduki jabatan tertentu sesuai dengan kompetensi dan kualitas yang diperlukan dalam jabatan tersebut. (Isnawati) jatim.kemenag.go.id