Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

SPIRIT PROFESIONALITAS GPAI SMP/SMPLB

Oleh Admin 09-10-2015 17:37:32

Sidoarjo (PAIS) – Rutinitas mengajar seringkali membuat para tenaga pendidik bosan dan mati kreatifitas. Para tenaga pendidik akhirnya banyak yang kurang pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan improvisasi pembelajaran. Inilah yang menjadi dasar pemikiran Seksi PAI pada SMP/SMPLB Bidang PAIS Kanwil Kemenag Jatim menggelar Bimbingan Teknis Motivasi untuk GPAI SMP/SMPLB, Senin, (21/9).

Kegiatan yang dilaksanakan di hotel utami ini diikuti 80 GPAI SMP/SMPLB dari perwakilan seluruh Kabupaten dan Kota se Jawa Timur. Setelah kegiatan diharapkan seluruh perwakilan dapat menyampaikan materi di daerah masing-masing melalui forum MGMP PAI yang telah ada di seluruh kabupaten dan kota se-Jawa Timur. “Ini memang jadi syarat pertama peserta yang ikut kegiatan ini. Di dalam surat pengiriman peserta sudah kita masukkan. Mereka harus menyampaikan hasil kegiatan ini di MGMP PAI masing-masing agar semua GPAI mengetahui,” ungkap Abd Wafi.

Kasi PAI pada SMP/SMPLB Bidang PAIS Kanwil Kemenag Jatim, Abd Wafi menjelaskan, dalam Permendikbud 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah disebutkan bahwa pembelajaran harus dilakukan dengan menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Oleh karena itu, guru PAI pada SMP/SMPLB dituntut untuk dapat mengajar secara kontekstual dan kolaboratif, memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian peserta didik, serta memotivasi peserta didik untuk belajar mandiri.

Dalam kegiatan ini ada dua materi substantif, taitu tantangan pendidikan abad ke-21 yang disampaikan oleh Daniel M. Rosyid, mantan Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur. Melalui meteri ini diharapkan GPAI SMP/SMPLB mendapatkan wawasan global tentang tantangan PAI di abad ke-21 yang makin kompetitif (klick di jatim.kemenag.go.id). Materi kedua, spirit profesionalitas GPAI SMP/SMPLB (klick di jatim.kemenag.go.id). yang disampaikan M. Musfiqon, widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya. “Melalui spirit profesionalitas ini kita berharap GPAI SMP/SMPLB bangkit kembali semangat mengajarnya karena telah mendapatkan inspirasi baru dalam kegiatan ini,” terang Abd Wafi.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang PAIS Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, H. Mas’ud yang sekaligus memberikan arah dan kebijakan Bidang PAIS Kanwil Kemenag tentang Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Dalam kegiatan ini pesertanya tidak hanya guru, tetapi juga kasi PAIS PAKIS Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Kepala Bidang PAIS, dalam sambutannya menegaskan, pendidikan agama Islam di Sekolah harus diarahkan pada terwujudnya Islam rahmatan lil alamin. Sebagai realisasi dari ‘rahmatan lil alamin’, maka guru PAI harus memberi kesempatan kepada peserta didik yang beridul Adha pada hari rabu ataupun yang hari kamis. “inilah wujud rahmatan lil alamin itu,” tegasnya.

Setelah kegiatan ini dilaksanakan, GPAI SMP/SMPLB diharapkan makin siap menghadapi tantangan global serta melaksanakan pembelajaran PAI dengan lebih menyenangkan, motivatif, serta inspiratif. Di sisi lain diharapkan berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa bidang agama Islam di SMP/SMPLB se Jawa Timur. (Fie) jatim.kemenag.go.id