Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Pameran dan Peluncuran Prangko Peringatan 70 Tahun PMI

Oleh Admin 11-10-2015 17:34:02

Dari Kiri ke Kanan:  Direktur Ritel dan Properti PT. Pos Indonesia, Tata Sugiarta, Ketua Panitia HUT ke 70 Tahun PMI, Muhammad Muas, Kepala Seksi Kemitraan Museum Nasional Indonesia, Safei dan Kepala Seksi Edukasi Museum Nasional Indonesia, Julius memperlihatkan contoh Prangko seri 70 Tahun PMI dalam konferensi pers HUT PMI ke 70 di Museum Nasional Jakarta, Jumat (04/09) 2015. / Kredit foto/ Biro Humas PMI Pusat/ Ayu Paraswati.  Dari Kiri ke Kanan: Direktur Ritel dan Properti PT. Pos Indonesia, Tata Sugiarta, Ketua Panitia HUT ke 70 Tahun PMI, Muhammad Muas, Kepala Seksi Kemitraan Museum Nasional Indonesia, Safei dan Kepala Seksi Edukasi Museum Nasional Indonesia, Julius memperlihatkan contoh Prangko seri 70 Tahun PMI dalam konferensi pers HUT PMI ke 70 di Museum Nasional Jakarta, Jumat (04/09) 2015. / Kredit foto/ Biro Humas PMI Pusat/ Ayu Paraswati.

Sebagai puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke 70 tahun yang jatuh pada 17 September, PMI dan Museum Nasional akan menggelar kegiatan pameran dan peluncuran prangko seri 70 tahun PMI bertempat di Museum Nasional di Jakarta. Acara pameran dan peluncuran prangko ini mengangkat tema yang juga merupakan tema besar HUT PMI kali ini, “Mengabdi untuk Kemanusiaan dan Kemerdekaan.” Maksud tema ini adalah untuk mengingatkan kembali bahwa PMI merupakan bagian penting dari negara kesatuan Republik Indonesia sejak masa kemerdekaan hingga saat ini.

Pameran 70 Tahun PMI akan diselenggarakan selama 7(tujuh) hari, mulai 10-17 September di Museum Nasional di Jakarta. Wakil Presiden RI yang juga merupakan Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, direncanakan membuka pameran pada Kamis, 10 September 2015. Pembukaan ini ditandai dengan peluncuran prangko seri Peringatan 70 Tahun PMI, bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia. Prangko seri Peringatan 70 Tahun PMI dibuat dalam dua desain, yaitu bergambar gedung markas PMI tempo dulu dan sosok Ketua Umum PMI Pertama, Muhammad Hatta. Peluncuran prangko akan dilanjutkan dengan penandatanganan Sampul Hari Pertama Seri Prangko Peringatan 70 Tahun PMI oleh Wakil Presiden.

Dalam pameran peringatan 70 tahunnya, PMI akan menampilkan foto sejarah masa pendirian PMI tahun 1945-1950, masa perkembangan 1950-1980, dan masa kekinian 1980-sekarang. Benda-benda bersejarah dan perlengkapan yang digunakan PMI di masa lalu juga akan ditampilkan, seperti mesin pengolah darah, botol untuk pengambilan darah, tandu evakuasi, pakaian relawan jaman dahulu, dan sebagainya. 

Pameran juga akan diramaikan dengan sejumlah kegiatan promosi dan edukasi tentang kepalangmerahan kepada masyarakat dalam bentuk workshop dan talkshow, serta lomba-lomba sebagai kegiatan pembinaan untuk remaja, seperti lomba pertolongan pertama, lomba membuat tandu darurat, lomba baris berbaris, dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan ini digelar selama 7 hari pameran digelar dan dibuka untuk umum.

“PMI telah mengabdi dan melayani bangsa ini selama 70 tahun. Termasuk ulang tahun kali ini, kami kembali persembahkan untuk masyarakat,” kata Ketua Panitia Peringatan HUT 70 Tahun PMI Muhammad Muas.

Untuk informasi lebih lanjut: Aulia Arriani, Kepala Biro Humas, HP. 0816 795379 atau Exkuwin Suharyanto; Kepala Divisi Sukarelawan 0812 965 8624, Kontak Media; Anggun Permana Sidiq; HP. 0856 97777 313. .sumber : pmi.or.id