Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

PMI Jateng Apresiasi 754 Orang Pahlawan Kemanusiaan

Oleh Admin 11-10-2015 17:53:53

Wagub Jateng Heru Sudjatmoko memberikan Penghargaan kepada Pendonor Darah Sukarela ke 75 kali di Purwokerto Wagub Jateng Heru Sudjatmoko memberikan Penghargaan kepada Pendonor Darah Sukarela ke 75 kali di Purwokerto

Palang Merah Indonesia (PMI) yang terbentuk sejak 17 September 1945, kini telah memasuki usia 70 tahun. Peringatan tahun ini, PMI Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Jalan Sehat Kemanusiaan dan Temu Donor Darah Sukarela (DDS) tahun 2015 di Kabupaten Banyumas.

Rangakaian peringatan HUT diawali dengan Jalan Sehat, yang dilepas oleh Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko dan diikuti oleh lebih dari 10.000 peserta yang berasal dari sukarelawan PMI dan masyarakat umum. “Kabupaten Banyumas merupakan penyumbang DDS terbesar ke 2 (dua) setelah Kota Semarang, sehingga peringatan HUT PMI ke 70 tahun ini dilaksanakan di Banyumas,” ujar Adji Samekto, Ketua Panitia HUT ke 70 PMI Jawa Tengah.

Berbagai hadiah menarik disediakan panitia penyelenggara berupa hadia utama sebuah mobil, 3 sepeda motor, sepeda, kulkas dan lainnya. “Kami ucapkan terimakasih kepada para mtra PMI yang telah mendukung aktifitas PMI Jawa Tengah dan juga menyediakan doorprise/hadiah tersebut, bagi peserta yang beruntung,” imbuh Adji.

Ketua PMI Jawa Tengah Imam Triyanto mengungkapkan, tema tahun ini adalah 70 tahun PMI Mengabdi untuk Kemanusiaan dan Kemerdekaan. PMI Jateng memberikan penghargaan kepada 754 orang pendonor darah aktif dari 35 kabupaten/kota Se-Jateng. “Pendonor darah yang mendapat penghargaan adalah yang telah melakukan donor darah secara sukarela sebanyak 50 kali dan 75 kali,” jelasnya saat penyerahan penghargaan di Banyumas, Minggu, 27 September.

Donor Darah Sukarela (DDS) merupakan pendonor yang telah menyumbangkan darahnya dengan ikhlas tanpa pamrih untuk disalurkan kepada pasien yang membutuhkan transfusi darah tanpa mengenal siapa yang disumbang darahnya. ”Benar - benar hanya untuk menolong sesama, sehingga sepantasnya DDS merupakan Pahlawan Kemanusiaan,” tegas Imam.

Wakil Gubernur berpesan agar para pimpinan kabupaten-kota Se-Jateng mendukung program-program PMI dibidang bencana dan pelayanan kebutuhan darah. “Para bupati dan walikota saya harapkan untuk mendukung PMI, termasuk pendonor darah sukarela-nya dilaporkan juga,” tutur Heru saat menyerahkan piagam penghargaan kepada perwakilan pendonor darah ke 50 dan 75 kali.

Data di PMI Provinsi Jawa Tengah, tahun 2015 sampai dengan Juni terkumpul sebanyak 212.174 kantong darah, dengan jumlah DDS sebesar 99% (209.160 kantong darah) dan Donor Darah Pengganti ( DDP ) sebesar 1%, dengan rincian sbb : 47 % dari  kelompok umur 17 – 30 tahun; 74 % pendonor pria dan berasal dari pelajar/ mahasiswa sebesar 30 %.

Diserahkan pula penghargaan kepada mitra PMI yaitu Luwak White Koffie, Djarum Foundation dan Bank Jateng. Selain itu untuk mitra, PMI Jateng memberikan penghargaan untuk Palang Merah Remaja (PMR) Teladan tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk PMR Madya (SMP sederajat) dan PMR Wira (SMA sederajat).

Yakni SMP PGRI Sempor-Kebumen, SMPN 3 Karanganyar, SMPN 13 Kota Semarang, SMPN 1 Baturraden-Banyumas, SMPN 2 Temanggung, dan SMPN 1 Wedarikjaksa-Pati. Tingkat Wira yakni SMAN 1 Kajen-Kab. Pekalongan, SMAN 1 Bangsri-Jepara, SMKN 1 Purwokerto-Banyumas, SMKN 2 Cilacap, SMAN 1 Kebumen, dan SMAN 1 Simo-Boyolali.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : M. Nashir Jamaludin, Humas PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp: 081228011455, Email  : nashrjateng@gmail.com

sumber : pmi.or.id