Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Simulasi PP di PMI Day

Oleh Admin 11-10-2015 17:59:15

Ibu Sri, pengunjung PMI Day sedang mempraktikan membalut luka di kening Ibu Sri, pengunjung PMI Day sedang mempraktikan membalut luka di kening

Rangkaian acara PMI Day pada hari pertama (24/8), tak hanya diisi dengan kegiatan donor darah saja. Namun pengunjung yang hadir juga dimanjakan dengan edukasi pertolongan pertama. Pengunjung tidak dibiarkan untuk duduk manis mendengarkan materi dalam sesi ini. Melainkan dipersilahkan untuk mempraktikkan bagaimana memberikan pertolongan pertama khusunya dalam kejadian yang biasa terjadi di keseharian kita.

Salah satu kasus yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana penanganan terhadap luka bakar? Biasanya ibu – ibu sering terciprat minyak goreng, Bagaimana penanganannya? Bagaimana jika tersiram air panas? Benarkah jika terkena luka bakar, harus menggunakan odol? Atau bahkan ada yang menyatakan kecap bisa menyembuhkan luka bakar, benarkah?

“Pada penanganan luka bakar, hal utama yang harus kita cari adalah air. Bukan odol, bukan kecap dan juga bukan air dingin. Carilah air bersuhu normal. Jika ada air keran, silahkan di siramkan pada luka. Jika hanya terdapat air di ember, dapat disiramkan melalui gayung. Bukan direndam. Siramkan air selama 15 menit hingga suhu panasnya menghilang.” Terang Cicin, Tim pertolongan pertama PMI.

Selain Tanya jawab, juga dilakukan praktik seperti membalut lengan yang tersayat, kening yang terbentur dan mengalami pendarahan, hingga penanganan terhadap orang tersedak.

Ibu Sri, salah satu pengunjung mengaku senang dapat mengikuti sesi simulasi pertolongan pertama.

“Niatnya ke PMI Day mau donor darah. Sambil nunggu di panggil berdonor, tahunya kami disuguhi praktik simulasi pertolongan pertama. Senang sekali rasanya. Saya jadi paham apa yang harus dilakukan dan tepat untuk pertolongan pertama,”Terang Ibu Sri, salah satu pengunjung PMI Day.

Bagi Anda yang melewati sesi simulasi pertolongan pertama tak perlu risau. Anda dapat mengunduh aplikasi pertolongan pertama di smartphone Anda. Aplikasi ini dapat langsung di download (gratis) melalui toko aplikasi google : play.google.com atau   dengan kata kunci: PMI First Aid atau melalui link : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cube.gdpc.idn

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Aulia Arriani, Kabiro Humas PMI Pusat, Email : Aulia_arriani@pmi.or.id, Hp :0816795379

sumber : pmi.or.id