Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Gelar Pawai Sosialisasikan Mobil Unit Donor Darah

Oleh Admin 11-10-2015 18:28:47

Mobil UDD baru PMI Pekalongan Mobil UDD baru PMI Pekalongan

Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah sedunia Palang Marah Indonesia (PMI) Kabupaten Pekalongan mengadakan pawai yang diikuti oleh lebih dari 200 relawan untuk mensosialisasikan Mobil Unit Donor Darah kepada masyarakat, Jumat lalu (12/6).

Momentum hari donor darah sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni dipilih untuk meluncurkan Mobil Unit Donor Darah kepada masyarakat agar masyarakat mendapatkan kemudahan dalam berkiprah untuk kemanusiaan dengan berdonor darah. Hari Donor Darah Sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran mendonorkan untuk kemanusiaan.

Dalam sambutannya H.A. Qurofi Hayin selaku Wakil Ketua III dihadapan peserta apel mengajak relawan dari Unit KSR, TSR dan 11 unit PMR untuk mengamalkan semangat gotong royong dengan melakukan kegiatan menolong sesama, utamanya dengan berdonor darah. “Ayo donorkan darahmu untuk kemanusiaan” ajak Pak Fie.

Lebih lanjut Pak Fie menerangkan Bulan puasa merupakan bulan kritis bagi UDD PMI karena cukup sulit orang yang bersedia untuk mendonorkan darahnya, sedangkan kebutuhan akan darah tetap. Relawan PMI merupakan cadangan donor darah pengganti yang potensian “Jaga kesehatan dan beramal lah dengan mendonorkan darah dibulan puasa insya allah amal kita akan dilipat gandakan” pungkas Pak Fie.

Pada Apel Pembukaan ini juga diadakan testimoni dari masyarakat yang telah merasakan sulitnya mencari pendonor darah dan akhirnya tergerak untuk menjadi pendonor darah aktif. Bapak Ali Maliki dan Ibu Rubiati menceritakan pengalaman tentang anaknya yang hampir kehilangan nyawa karena penyakit demam berdarah di bulan puasa dan dibantu oleh salah satu relawan PMI. “Terima telah menyelamatkan anakku” kata Ibu Rubiati sembari menitikkan air mata ketika mengingat peristiwa itu.

Tahun ini UDD PMI Kabupaten Pekalongan memiliki Mobil Donor Darah baru dengan model Mini Bus untuk meningkatkan pelayanan dengan memberi kemudahan pada masyarakat. Konsep pawai Mobil Donor Darah yang diikuti oleh 200 relawan dengan arak-arakan mengendarai motor di jalan utama dan membagikan leaflet terkait donor darah dipilih agar ke depan masyarakat lebih aktif untuk mengadakan kegiatan sosial donor darah.

Kedepan rencananya di bulan puasa, mobil donor darah akan digunakan untuk mengadakan donor darah keliling ke masjid-masjid setelah pelaksanaan sholat tarawih guna mencukupi kebutuhan darah di wilayah kabupaten pekalongan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: M. Nashir Jamaluddin, Humas PMI Provinsi Jawa Tengah,

sumber : pmi.or.id