Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Mentan Panen Raya Padi di Blitar

Oleh Admin 12-10-2015 07:32:00

news

BLITAR – Menteri Pertanian, Amran Sulaiman melakukan panen raya padi jenis Ciherang dan sekaligus tanam menggunakan rice transplanter di Desa Siraman Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Selasa (29/9).

Blitar memiliki potensi lahan yang dapat dioptimalkan untuk meningkatkan produksi. Walau terdapat wilayah terdampak El Nino, Blitar masih dapat menanam padi tiga kali dalam setahun. Tanaman padi di Blitar merupakan sumbangan dari PDB sebesar 46,7 persen. Saat ini luas tanam area sawah di Desa Siraman mencapai 59 ribu ha. Menurut Bupati Blitar, Herry Noegroho, angka ini sudah melampaui dari target nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah yakni sebesar 55 ribu ha. Ini jelas memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Blitar.

Pertumbuhan ekonomi di Blitar saat ini melebihi dari pertumbuhan tahun lalu. yaitu 6,5 persen diatas Nasional dan Jawa Timur. Pertumbuhan pertanian stabil sehingga mampu menopang kehidupan di Blitar.

“Kita apresiasi Mentan yang banyak memberi program di pertanian, kedatangan Mentan bisa memberikan berkah lebih dan manfaat bagi para petani Blitar,” ujar Bupati Blitar dalam sambutannya.

Mentan menegaskan pemerintah akan memberikan bantuan anggaran sebesar Rp2,4 triliun khusus buat Jawa Timur untuk tahun ini. Bantuan tersebut meningkat Rp1 triliun dari sebelumnya sebesar Rp1,4 triliun. Hal ini lantaran Mentan bangga karena Jawa Timur mampu mencapai produktivitas padi di atas lima persen.??

"Khusus untuk Blitar, bantuan anggaran tahun lalu sebesar Rp6 miliar. Tahun ini Rp25 miliar, itu naik 500 persen artinya produksinya naik lima kali," ungkap Mentan.

Hadir dalam acara panen tersebut diantaranya Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Wibowo Eko Putro, Dirjen Tanaman Pangan Hasil Sambiring, Kepala Badan Urusan Logistik Jawa Timur, Witono, dan beberapa anggota DPRD. Mentan juga memberikan bantuan alat mesin pertanian berupa pompa air, traktor, combine harvester, power tracker, mesin pemipil jagung, dan rice transplanter.

sumber : pertanian.go.id