Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Presiden Tegaskan Belum Putuskan Impor Beras

Oleh Admin 12-10-2015 07:33:20

news

KARAWANG – Presiden RI, Joko Widodo, menegaskan belum impor beras tahun ini untuk mengoptimalkan produksi dalam negeri. Presiden hingga detik ini belum memutuskan untuk mengeluarkan kebijakan terkait impor beras walaupun banyak pihak yang mendesak untuk disegerakan mengeluarkan kebijakan impor beras tersebut.

"Ini masih jalan perhitungan dampak el nino. Masih dalam perhitungan semuanya. Kita harus punya cadangan yang betul-betul aman untuk semuanya. Yang jelas stok beras saat ini di Bulog aman yakni 1,7 juta ton dan ditambah lagi produksi sampai November dan Desember 2015 sekitar 200 hingga 300 ribu ton," jelas Presiden.

Presiden pun menegaskan bahwa apabila pemerintah akan mengimpor beras, masyarakat pasti akan menolak dengan tegas. Menurutnya, impor beras dikhawatirkan dapat memukul harga beras lokal dan merugikan petani jika dilakukan tanpa perhitungan matang.

"Karena itu, produksi dan stok beras nasional harus benar-benar dipastikan dengan data akurat," ujar Presiden.

Hal ini disampaikan oleh Presiden pada panen raya padi varietas IPB 3S didampingi Menteri Pertanian, Amran Sulaiman dan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) di Desa Cikarang, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Minggu (27/9).

Padi IPB 3S tersebut produktivitas ubinnanya sebesar 13,4 ton per hektare (ha) gabah kering panen (GKP) atau setara 9,4 ton per ha GKG.??Presiden sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Kementan dalam mendorong IPB dan Pemerintah Daerah Karawang untuk mengembangkan teknologi padi sehingga meningkatkan produksi yang dapat berdampak pada peningkatan cadangan pangan dan gairah petani untuk menanam padi.

sumber : pertanian.go.id