Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Mentan Panen Padi Varietas IPB 3S di Karawang

Oleh Admin 12-10-2015 07:37:07

news

KARAWANG - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman melakukan panen raya padi varietas IPB 3S yang merupakan hasil pengembangan budidaya Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan Kementerian Pertanian. Varietas ini dikembangkan di Kabupaten Karawang dalam rangka pengoptimalan pencapaian swasembada beras.

"Saya berharap varietas ini bisa dikembangkan dan dapat menjadi bibit yang nantinya akan dikembangkan di beberapa daerah lain di Indonesia," ujar Mentan usai panen, Jumat (25/9).

Lahan budidaya padi varietas IPB 3S di Karawang mencapai 500 hektar dengan tingkat produksi yang dihasilkan rata-rata 9,4 ton per hektar. Varietas ini memiliki keunggulan khusus yaitu malai yang banyak dan panjang sehingga mampu memproduksi gabah di atas rata-rata. Dengan begitu, dapat memberikan kontribusi yang sangat besar untuk tercapainya program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.

Plt. Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana, menyampaikan surplus gabah yang dihasilkan di Kabupaten Karawang sampai saat ini sebesar 550 ribu ton. Dengan potensi padi yang sedang dikembangkan bersama IPB dan surplus gabah tersebut, Plt Bupati Karawang ini yakin stok gabah atau beras nasional di tengah gejolak musim kemarau panjang masih tersedia untuk memenuhi kebutuhan beras hingga akhir tahun 2015

Pada kesempatan ini, Mentan juga menyempatkan berdialog dengan petani dan memberikan bantuan benih kepada petani di Desa Mekar Asih, Kecamatan Banyu Sari, Karawang.

sumber : pertanian.go.id