Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Tingkatkan Pelayanan, Humas BKN Lakukan Benchmark Sistem Pengelolaan Pengaduan

Oleh Admin 13-10-2015 20:51:45

Ombudsman sedang memaparkan sistem Sistem Manajemen Informasi Pelayanan (Simpel) (dik)

Jakarta-Humas BKN, sebagai upaya pengelolaan dan peningkatan pelayanan pengaduan yang disampaikan masyarakat kepada instansi pemerintah, pengelolaan layanan pengaduan perlu menjadi perhatian khusus untuk optimalisasi pelayanan sekaligus kinerja instansi. Terkait hal itu, Humas Badan Kepegawaian Negara sebagai unit yang bertanggung jawab atas pengaduan masyarakat melakukan benchmark ke dua instansi yang dirasa cukup baik dalam pengelolaan pengaduan masyarakat. Kedua instansi itu adalah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Ombudsman RI, Kamis (8/10).

Kepala Hubungan Media BKN, Herman mengatakan hasil benchmark akan menjadi salah satu acuan Biro Humas BKN untuk merumuskan sistem pengelolaan pengaduan masyarakat. “Kami berharap sistem yang nantinya terbangun akan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan segala keluhan atas pelayanan informasi kepegawaian BKN termasuk mendapat solusi secara cepat dan akur ”.

DSC_0033

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Staf Humas Kemenkumham Muhamad Zakaria, Humas Kemenkumham mengelola pengaduan masyarakat dengan mengintegrasikan dengan aplikasi Lapor yang dikelola Kepala Staff Presiden (KSP) yakni  http://lapor.go.id . Zakaria menjelaskan bahwa untuk pelayanan pengaduan, Menteri Kumham langsung ikut memantau pelayanan secara langsung dan menegur pejabat yang lambat menjawab pengaduan. Dengan 11 direktorat yang ada di Kemenkumham, maka masing-masing direktorat ada penghubung yang bertugas menjawab langsung pengaduan setelah dipilah oleh administrator di Humas Kemenkumham. Zakaria menambahkan bahwa pengiriman pengaduan bisa langsung dikirim oleh masyarakat melalui telepon seluler maupun email. “Dengan adanya layanan Lapor ini, maka jumlah intensitas pengaduan masyarakat yang datang langsung dapat berkurang secara signifikan,” jelas Zakaria.

Adapun Ombudsman RI, pengaduan diinstansi ini dikelola menggunakan aplikasi yang dirancang oleh pegawai Ombudsman. Aplikasi yang dinamakan aplikasi Sistem Manajemen Informasi Pelayanan (Simpel) ini digunakan untuk memilah pengaduan yang masuk ke Ombudsman dan kemudian ditentukan pegawai yang bertanggung jawab untuk meneruskan ke instansi yang berkaitan. Saat ini Simpel belum terintegrasi dalam website Ombudsman karena sedang dilakukan penyempurnaan aplikasi ini. fuad

sumber : bkn.go.id