Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

UJIAN SKU

Oleh Admin 17-10-2012 16:44:54

 

Syarat Kecakapan Umum (SKU)
SKU Penggalang terdiri dari tingkatan Penggalang Ramu,Terdiri dari 19 pokok kemampuan. Penggalang Rakit Terdiri dari 27 pokok kemampuan. Pengglang Terap Terdiri dari 22 pokok kempuan.

SKU secara garis besar dikelompokkan menjadi : kemampuan pengamalan satya dan dharma pramuka,kemampuan pemahaman AD dan ART Gerakan Pramuka,kemampuan keterampilan kepramukaan,kemampuan menabung,kemampuan berperilaku agama,kemampuan kepedulian terhadap masyarakat,kemampuan kepedulian pada lingkungan hidup.

Cara menyelesaikan SKU :SKU merupakan alat perangsang dan motivator bagi perkembangan peserta didik. Pembina Pramuaka Penggalang baik secara formal dan informal selalu memberi motivasi kepada peserta didik untuk menelesaikan SKU pada tingkatan sesuai situasi dan kondisi.


Cara menguji SKU: Penyelesaian SKU dilaksanakan melalui ujian dengan cara informal oleh Pembina dan Pembantu Pembinanya sendiri. Materi apa yang diujikan, sesuai dengan permintaan atau kesiapan peserta didik dan dilakukan secara individual. Waktu pengujian ditentukan bersama antara peserta dan penguji(Pembina). Penguji berusaha agar proses ujian itu dirasakan oleh peserta didik sebagai proses pendidikan yang menyenangkan dan dapat meningkatkan pengetahuan serta pengalaman. Ujian secara individual ditujukan agar Pembina memperhatikan batas – batas kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Pembina yang menguji SKU hendaknya memperhatikan usaha dan kesungguhan yang sudah diperbuat dalam proses ujian SKU. Penguji membubuhkan parap pada kolom yang tersedia dalam SKU milik pramuka yang diuji, setelah ujian tersebut dinyatakan lulus.