Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

LAPOR!, Ajak Partisipasi Masyarakat Awasi Program Pemerintah

Oleh Admin 13-10-2015 21:04:35

Jakarta – Humas BKN, Pemerintah melalui aplikasi Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) kembali mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan program pemerintah. Dalam kurun waktu 4 tahun sejak pertama kali diluncurkan, aplikasi yang ditujukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat sangat besar manfaatnya bagi pemerintah. Hal itu disampaikan oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Agung Hardjono dalam acara Pertemuan Akbar Pengelolaan Pengaduan Nasional, di Gedung Krida Bhakti Kementerian Sekretariat Negara Jakarta pusat, Selasa (29/9/15).

Lebih lanjut Hardjono mengungkapkan bahwa Aplikasi LAPOR! menerapkan prinsip mudah dan terpadu, masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi dan pengaduan terkait pembangunan dan pelayanan publik melalui media elektronik. Sementara bagi pemerintah dengan adanya LAPOR! semua aspirasi pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat akan tercatat dan teradministrasi dalam big data yang terintegrasi dengan masing-masing instansi pemerintah.

Kemudian Hardjono menambahkan, data yang terkumpul dijadikan masukan bagi agenda kunjungan (blusukan) Presiden ke daerah, sehingga keluhan dan aspirasi dari masyarakat terselesaiakan dengan baik.

“Namun patut diingat bahwa aplikasi LAPOR! tidak statis, akan berkembang sesuai dengan tuntutan kebutuhan. Karenanya, saran dan masukan dari masing-masing instansi Pemerintah sangat diharapkan”, tutup Hardjono.

Sementara, Kepala Sub Bagian Fasilitasi Pengaduan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara Afriani yang hadir dalam acara tersebut mendukung dan mengapresiasi adanya Program LAPOR!. Afriani mengatakan dengan program ini masyarakat bisa dengan mudah melakukan pengawasan dan pengaduan terhadap program pembangunan dan pelayanan publik dari pemerintah yang berbasis media sosial interaktif.

“Program ini sejalan dengan Nawa Cita Presiden Jokowi yakni Menghadirkan Kembali Negara, Membuat Pemerintah Tidak Absen dengan Membangun Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih, Efektif, Demokratis dan Terpercaya dengan Membuka Partisipasi Publik”, pungkasnya. Ags

sumber : bkn.go.id