Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

PENYUSUNAN RKM MTsN MOJOSARI

Oleh Admin 15-10-2015 15:21:28

Kab. Mojokerto, (MTsN Mojosari) – Berdasarkan amanat Undang Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pemerintah perlu mengembangkan madrasah-madrasah yang ada melalui pemberian dukungan agar madrasah mampu melaksanakan proses pelayanan pendidikan yang bermutu untuk menghasilkan keluaran yang memiliki kompetensi yang kompetitif secara nasional dan global. Agar mutu layanan pendidikan madrasah itu sesuai dengan apa yang seharusnya dan apa yang diharapkan oleh masyarakat, maka proses pengembangan madrasah perlu diarahkan secara terus menerus agar secara mandiri madrasah dapat mencapai suatu standar atau patokan yang dijadikan pagu (benchmark) dalam hal ini adalah standar nasional pendidikan.

Untuk mewujudkan amanat tersebut, perlu dilaksanakan kegiatan yang antara lain : (1) Pemantapan pelaksanaan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan orang tua murid, (2) Peningkatan jumlah jenis dan mutu sebagai peningkatan dan pemerataan pelayanan pendidikan, (3) Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan sebagai usaha pelayanan pendidikan yang merata, dan (4) Peningkatan mutu pendidikan sebagai kegiatan yang bersifat kemasyarakatan. Kegiatan–kegiatan tersebut di atas harus ditunjang dengan pelayanan administrasi madrasah yang terencana, teratur, terarah, dan berkesinambungan yang dituangkan dalam bentuk Rencana Kerja Madrasah (RKM). Rencana Kerja Madrasah ini dimaksudkan agar dapat dipergunakan sebagai kerangka acuan oleh madrasah dalam mengambil kebijakan, disamping itu sebagai pedoman dalam mencapai keberhasilan pelaksanaan progam belajar mengajar dan administrasi madrasah yang lain, agar pengelola madrasah tidak menyimpang dari prinsip – prinsip manajemen.

Pada Selasa (6/10) 2015 MTs Negeri Mojosari menyelenggarakan kegiatan rapat penyusunan RKM. Rapat ini menghadirkan narasumber Drs. H. Syamsuri, M.Pd selaku Kasi Bidang Penma Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Beliau memberi pembekalan mengenai penyusunan RKM. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, tenaga kependidikan, dan kepala madrasah tsanawiyah se-KKM Mojosari. Kepala MTsN Mojosari Drs. H. Budi Prayitno, M.Pd berharap agar madrasah mempunyai program jangka pendek dan jangka menengah. (Fath).

sumber : jatim.kemenag.go.id