Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Kasi Pais : Guru Perlu Kuasai Penulisan Karya Ilm

Oleh Admin 15-10-2015 15:22:14

Kab. Probolinggo (Humas) – Rabu, 7 September 2015, GPAI Kecamatan Maron menggelar kegiatan ” Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Artikel Bagi Guru PAI”. Kegiatan ini diikuti oleh semua Guru Pendidikan Agama Islam di bawah naungan Dinas Pendidikan se Wilayah Kerja kecamatan Maron. Acara yang digelar mulai tanggal 7-10 September ini selain dihadiri Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, H. Muhammad Barzan, M.PdI, juga dihadiri Pengawas Sekolah, dan Perwakilan dari Dinas Pendidikan. kegiatan ini sangat penting bahkan akan menunjang para guru dalam meningkatkan profesionalitasnya untuk mewujudkan guru yang benar-benar profesional. Karena sesuai dengan ketentuan umum UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah” jelas Kasi Pais Guru dituntut untuk memiliki kemampuan dalam berbagai aspek. Tidak hanya memiliki kompetensi dalam pembelajaran, tetapi juga dalam hal penulisan karya ilmiah. Pola pembinaan profesionalisme guru melalui penulisan karya ilmiah harus ditingkatkan secara simultan dan berkesinambungan. Tidak sedikit guru yang menganggap bahwa karya ilmiah merupakan suatu hal yang sulit, sehingga menjadi hambatan dalam meningkatkan kompetensi guru tersebut, misalnya untuk kenaikan pangkatnya. Sementara untuk mencapai karier tertentu seorang guru dituntut untuk mampu meningkatkan kwalitas pengetahuan serta intelektualitasnya sebagai guru yang profesional.

Muhammad Barzan juga menjelaskan bahwa sangat tepat jika GPAI Kecamatan Maron berkonsensus bersama dengan komitmen yang sama menggelar kegiatan penulisan karya ilmiah dan artikel. “ dengan terus belajar kita akan mampu untuk mewujudkan diri kita sebagai pendidik profesional sebagaimana yang diharapkan Undang-Undang Guru dan Dosen. Saya yakin kedepan guru-guru kita akan mampu menerapkan pengetahuan kita menjadi tulisan-tulisan berharga yang penuh makna” imbuh Barzan (Ansori).

sumber : jatim.kemenag.go.id