Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Tiga Pesan Penasehat DWP Kemenag Kepada Peserta Aksera

Oleh Admin 15-10-2015 22:41:59

Jakarta (Pinmas) – Penasehat Dharma Wanita Pembangunan (DWP) Kementerian Agama  Trisna Willy Lukman Hakim menyampaikan tiga hal pesan penting bagi peserta Ajang Kreativitas Seni dan Olahraga Siswa Raudhatul Athfal (AKSERA) Tahun 2015 yang di Ocean Dream Samudra, Ancol, Jakarta Utara, senin (12/10). 

Kepada peserta AKSERA, Trisna Willy menyampaikan tiga pesan. Pertama, bertanding dan berlombalah secara sportif. Junjung tinggi sportivitas, jangan sombong atas kemenangan, akui kekalahan dengan lapang dada, yang lebih penting adalah sportivitas. 

“Kompetisi dan kejujuran dapat dipraktekkan ke dalam kehidupan sehari-hari, di madrasah, dan masyarakat, keluarga dan dimasa yang akan datang,” ucapa Trisna. 

Kedua, AKSERA ini tidak hanya digunakan sebagai ajang pertandingan dan perlombaan saja, akan tetapi hendaknya jadi momentum ajang silaturahmi dan komunikasi antar guru-guru RA untuk saling bertukar pikiran tentang model pendidikan anak usia dini pada RA yang efektif, menyenangkan dan membanggakan. 

Ketiga, akhir-akhir ini kita prihatin dan khawatir dengan semakin meningkatnya kasus kekerasan terhadap anak. Untuk itu, ia menegaskan bahwa prakek seperti ini harus dilawan. “Ini harus kita lawan,” tegas Trisna.

Dikatakan Trisna, pendidikan dan kesehatan merupakan dua hal fundamental yang mempunyai hubungan yang sinergis dalam upaya membangun sumber daya manusia yang unggul, cerdas, sehat, sportif dan kompetitif. Ada pepatah yang berbunyi, “Men sana in corpore sano”, artinya dalam tubuh yang kuat dan sehat terdapat jiwa yang sehat.

“Ada hubungan yang erat dan sinergis antara mutu kesehatan dan mutu pendidikan, apabila anak-anak didik kita sehat, niscaya prestasi belajar dan mutu pendidikan mereka juga akan meningkat,” ujarnya.

Sebelumnya Kasubdid Kesiswaan Madrasah Ida Nur Qasim yang membacakan sambutan Dirjen Pendis Kamaruddin Amin, bahwa tujuan AKSERA ini di antaranya, untuk;  Menumbuhkan potensi dan kreatifitas siswa RA, Membangun budaya berkompetisi secara sehat, fair dan sportif, Membangun citra RA sebagai basis pengembangan rohani, jasmani, skill dan intelektualitas, Terbangunnya rasa kebersamaan antar siswa dan IGRA, Menghasilkan anak RA yang cerdas, ceria, sehat, energik dan religius. 

Aksera ini merupakan tahun pertama dan diikuti oleh peserta terbaik dari 3 provinsi dengan rincian ; Provinsi DKI Jakarta 250 peserta; Provinsi Jawa Barat sebanyak 250, Provinsi Banten sebanyak 150. Sejumlah cabag kreativitas senin dan olahraga di diperlombakan, di antaranya Bidang agama (lomba Binaussholah (sholat subuh berjamaah), lomba hafalan surat pendek putra/putri, lomba adzan subuh, lomba dai cilik/pidato putra/ putri. 

Bidang seni, (Cerdas ceria, Lomba dolanan, Lomba Tafhimul Quran, Lomba menyanyikan lagu mars madrasah, Lomba menulis dan mewarnai lafazh Allah Putra, Lomba menulis dan mewarnai lafazh Allah Putri). dan Bidang olahraga (Lomba tangkap, lempar dan tendang bola, Panca loma (lari, merayap, melompat, memanjat dan berjalan di atas papan titian). (rief/dm/dm).

sumber : kemenag.go.id