Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Semarak Muharram 1437 H di MTs. Al-Musyawarah Lembang : Sarana Pembinaan Generasi Muda Islam

Oleh Admin 24-10-2015 07:39:31

Lembang – Kab. Bandung Barat

Gencarnya arus modernisasi yang berujung pada pola hidup westernisasi telah begitu meresap dalam setiap segi kehidupan saat ini. Hampir segala hal yang datang dari Barat akan dianggap sebagai sesuatu yang hebat.

Yang menjadi korban kondisi ini adalah anak-anak sebagai generasi muda. Mereka yang sudah terkontaminasi arus global ini akan menganggap segala sesuatu yang lokal dan bahkan berasal dari agama dianggap sebagai sesuatu yang ketinggalan zaman alias jadul.

Kondisi ini tentu saja tidak bisa dibiarkan terus belanjut. Harus ada upaya untuk mengantisipasi hal tersebut serta mengembalikan dan meluruskan pemahaman yang keliru dan terkesan keblinger ini.Salah satu upaya ini sebagaimana yang dilakukan oleh MTs. Al-Musyawarah dengan mengadakan acara Semarak Muharram 1437 H untuk memperingati sekaligus memeriahkan Tahun Baru 1437 Hijriyah.

Acara yang diketuai oleh siswi yang beranama Siti Herlina Havivah dan Santi ini dimeriahkan oleh seluruh anak-anak MTs dan SMA Islam Al-Musyawarah dengan menampilkan beragam lomba antara lain :

  1. Lomba Adzan
  2. Lomba Da’i Pelajar
  3. Lomba Kaligrafi
  4. Lomba MTQ
  5. Lomba Cerdas Cermat
  6. Lomba Tumpeng
  7. Lomba Fashion Show Islami
  8. Lomba Tutorial Hijab

Acara yang bertepatan tanggal 15 Oktober 2015 ini dilaksanakan secara sederhana namun tetap semarak dengan mengambil tempat di halaman sekolah. Seluruh acara dilaksanakan dan dikelola secara penuh oleh siswa baik sebagai panitia maupun sebagai panitia sesuai dengan bakat dan kemampuan yang mereka miliki. Para guru yang ada hanya bertugas untuk mengarahkan dan membimbing mereka sehingga bisa sesuai dengan tuntutan dan harapan semua pihak.

“Mereka sendiri yang merancang acara, menganggarkan dana yang dibutuhkan dan yang lainnya. Kami ini hanya mengarahkan sedikit saja yang kira-kira dianggap kurang sesuai atau ketika mereka menemui masalah,” jelas Drs. Dadang Asmuransyah, selaku kesiswaan sekaligus Penanggung jawab acara.

Selain itu, “Melalui acara ini diharapkan mampu menggugah semangat juang generasi muda Islam untuk terus bertanggung jawab secara konsisten menerapkan nilai-nilai keislaman dalam hidupnya kelak,” tegas Drs. H. Muhammad Abduh selaku penanggung jawab sekaligus Kepala MTs. Al-Musyawarah Lembang.

Hal ini juga diakui oleh beberapa siswa yang mengaku bahwa kegiatan rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) ini cukup efektif untuk menggugah semangat keislaman para siswa.

“Kami lebih merasa bangga lagi bersekolah di lingkungan sekolah Islam seperti ini…” tutur salah seorang siswa yang turut memeriahkan acara tersebut. (dinur)

http://jabar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=300566