Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Madrasah Diminta Siapkan Generasi yang Kuasai Bahasa

Oleh Admin 24-10-2015 16:44:58

 

Tamiang Layang (Inmas) Sejumlah sekolah di luar negeri mengajarkan bahasa Indonesia kepada murid-muridnya. Hal itu praktis menjadi tantangan bagi lembaga pendidikan di dalam negeri untuk menyiapkan anak didik yang tidak hanya menguasai bahasa asing, tetapi juga menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Barito Timur, H. Abdul Rahman, menilai, pengajaran bahasa Indonesia kepada murid asing di lembaga pendidikan di luar negeri menjadi tantangan tersendiri.

“Bisa jadi sekolah di luar negeri itu memang ingin membentuk sejak awal siswanya menguasai bahasa asing di negara itu, misalnya bahasa Indonesia,” ujarnya, belum lama tadi.

Menurut Kakankemenag, hal itu menjadi tantangan bagi dunia pendidikan, khususnya di Barito Timur. Dirinya berharap, pelajar diwilayahnya juga mampu menguasai bahasa Indonesia dan asing dengan baik.

“Madrasah di lingkungan Kementerian Agama harus mengikuti kemajuan pendidikan dan mempersiapkan peserta didiknya untuk mampu bersaing secara global,” katanya.

Madrasah harus bisa memberikan pelajaran bahasa Indonesia yang bukan hanya masalah berbicara menggunakan bahasa Indonesia saja, tetapi dengan semua aturannya sehingga menjadi bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu, harus diajarkan juga pendidikan bahasa bahasa Inggris sejak dini.

“Ketika dewasa, anak-anak di Australia yang menguasai bahasa Indonesia bersaing menjadi tenaga kerja di negeri kita. Lalu, apakah lulusan sekolah di tempat kita mampu bersaing di negeri mereka atau di negeri sendiri kelak?” tanya Kakankemenag. (Setiawan)