Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Kepala KUA Dusel Dukung Penetapan Hari Santri

Oleh Admin 24-10-2015 16:45:59


Buntok (Inmas) Presiden Joko Widodo telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional yang dideklarasikan di Masjid Istiqlal, Jakarta. Pemilihan tanggal itu mengacu pada peristiwa diumumkannya fatwa resolusi jihad oleh KH. Hasyim Asyari, seorang tokoh Nahdlatul Ulama pada 22 Oktober 1945.

Kepala KUA kecamatan Dusun Selatan (Dusel), kabupaten Barito Selatan, Agus Salim, menilai, penetapan tersebut merupakan bentuk penghargaan atas perjuangan santri dalam perjuangan kemerdekaan RI.

“Tentu kita harus terispirasi dengan perjuangan santri setelah diumumkannya fatwa resolusi jihad oleh KH. Hasyim As’ari saat itu,” ujar Agus Salim, Jum’at (23/10).

Agus Salim berharap momentum penetapan Hari Santri Nasional bisa dimaknai sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan pemerintah terhadap kapasitas santri, kiai dan pesantren yang biasanya bergelut dengan kitab kuning akan kontribusinya yang besar terhadap pembangunan, khususnya pembangunan manusia yang berkeadaban. Agus Salim juga berharap penetapan Hari Santri Nasional itu akan meningkatkan dukungan pemerintah terhadap pondok pesantren.

“Pondok pesantren telah memberikan bukti eksistensinya. Pemerintah harus bisa mendorong lembaga pondok pesantren untuk terus mengembangkan diri,” katanya. (AS)

http://kalteng.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=300689