Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Workshop Peningkatan Mutu RA

Oleh Admin 24-10-2015 17:32:38

Dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan Usia Dini, maka Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat melalui Bidang Pendidikan Madrasah menggelar Workshop Peningkatan Mutu Kelembagaan dan Regulasi RA Tahun 2015.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari dari hari Kamis-sabtu, 22-24 Oktober 2015, di Wisma Nusantara, Jln. Letjen Suprapto, Pontianak. Adapun peserta kegiatan berjumlah 60 orang yang terdiri dari Pembina RA Kemenag se-Kalbar 14 orang dan Kepala RA se Kalimantan Barat sebanyak 46 orang.

Dalam laporan Panitian yang di sampaikan oleh Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Drs. H. Aminuddin menjelaskan bahwa Workshop Peningkatan Mutu Kelembagaan dan Regulasi RA Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. Kalbar Tahun 2015 dilaksanakan atas dasar UU nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

“Selain itu yang mendasari kegiatan ini adalah Peraturan presiden nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan serta DIPA Kanwil Kemenag Prov Kalbar Tahun 2015” tambah Aminuddin.

Adapun tujuan dari kegiatan Workshop ini adalah untuk mensosialisasikan kebijakan peningkatan mutu dan Regulasi RA serta meningkatkan mutu Kelembagaan dan kemampuan tenaga pendidik besrta pengelola RA.

“Melalui pertemuan tersebut kami berharap mampu membangun komunikasi yang baik antar pengelola Raudatul Atfal di Provinsi Kalimantan Barat dengan RA di Daerah” ujarnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut panitia telah menyiapkan materi tentang kebijakan Kanwil Kemenag Kalbar dalam membangun strategi penguatan mutu Kelembagaan dan Regulasi RA. Selain itu disampaikannya pula materi tentang Peran Guru dan pengelola RA dalam upaya meningkatkan mutu RA serta materi tentang Pengelolaan pembelajaran ra sebagai upaya mengoptimalkan pencapaian perkembangan anak usia dini.

Workshop Peningkatan Mutu Kelembagaan dan Regulasi RA Tahun 2015 dibuka secara resmi oleh Pgs Kabag Tu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.SI.

Dalam Arahannya beliau menegaskan bahwa seorang pengelola pendidikan seperti RA, harus memiliki kompetensi sesuai jenjang pendidikan yang digeluti, kemudian harus memiliki pengetahuan dasar dalammengelola RA kemudian pengelola harus bangun kerja sama yangbaik antara stakeholder yang ada.

“Beberapa unsur yang harus diperhatikan sebagai pengelola Raudatul Atfal adalah tentang transparansi dalam pengelolaan administrasi dan membuka diri dalam hal pengelolaanmadrasah, sehingga pengadministrasian RA dapat dapat tersusun dengan baik dan akuntabel” tegas Ridwansyah.

Pada pembukaan Workshop Peningkatan Mutu Kelembagaan dan Regulasi RA Tahun 2015 Ketua Darma Wanita Provinsi Kalimantan Barat Hj. Nurmardiah Syahrul Yadi menjelaskan bahwa peran DWP Kemenag hingga saat ini patut kita banggakan karena hampir disemua Kabupaten Kota telah berdiri Raudatul Atfal sebagai bagian dari program DWP dalam membangun pendidikan anak usia dini.

“Kita patut berbangga sebagai pengurus Darma Wanita Persatuan Kementereian Agama, karena salah satu peran kita selain menjadi ibu rumah tangga mampu mendukung program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mendirikan RA” tambah Nurmardiah. (ir-Inmas)

http://kalbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=300331