Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

WORKSHOP MANDA TV PENGUATAN KAPASITAS MEMPRODUK BERITA

Oleh Admin 24-10-2015 18:19:39

Bidang Ekskul Program Proteksi (Program Terpadu Kuasai Teknologi dan Informasi,pen) MANDA TV MAN 2 Model Mataram kembali lagi menyelenggarakan Workshop Audeo Visual, seperti yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi, pada tahun ini dengan maksud untuk menguatkan kapatitas keterampilan pengurus dan anggota MANDA TV dalam memproduk berita bentuk Video, maka dihadirkan Fasilitator yang lebih mumpuni pada bidangnya, seperti untuk Fasilitator Editing Video yaitu R Eko Wahono dari lembaga INDONESIA SAHAJA FICTURE yang telah banyak melakukan kerja memproduksi Film Dokumenter bermutu untuk Promosi beberapa PT, dan CV besar dan terkenal di NTB . Beberapa materi kegiatan Workshop yang dilakukan unit Kegitan Ekskul MANDA TV pada tanggal 13 Oktober 2015 ini, yaitu Teknik Peliputan Berita Video, Teknik Editing Video, serta materi Observasi di TVRI NTB.

Pada materi Teknik Peliputan yang difasilitatori oleh Diky Sapran, Pimpinan Produksi Penyiaran TVRI NTB, lebih menguatkan pemahaman dan wawasan tentang kode etik Jurnalistik, yang kini telah banyak dilanggar oleh awak pekerja jurnalistik di Indonesia. Beliau banyak memberikan wawasan pengalaman kepada peserta Workshop, tentang berbagai contoh pengalaman empiriknya selama ini dalam dunia media televisi.

Sementara materi Teknik Editing Video yang difasilitatori R Eko Wahono, peserta langsung melakukan praktek editing video beradsarkan program editing dan bahan editing yang telah tersedia di masing-masing laptop milik peserta. Dalam Laptop para peserta, sebelumnya telah diinstalkan program editing bentuk Ulead serta bahan gambar video yang dikoordinir panitia, sehingga saat praktek dapat berjalan dengan lancer.

Pada akhir sesi materi ini, masing peserta yang dibentuk dalam kelompok menyampaikan presentasi hasil editingnya yang selanjutnya dikomentari oleh anggota kelompok yang lain. Sebagai materi terakhir dari kegiatan Workshop ini, peserta melakukan observasi di TVRI NTB. Sebelum menyaksikan pembacaan berita dalam siaran langsung di studio, para peserta terlebih dahulu masuk ke ruang editing berita TVRI untuk menyaksikan proses mengedit video berita.

Semua rangkaian kegiatan Workshop ini berjalan dengan lancer, sesuai harapan Kepala Madrasah H. Mahrup, S.Ag., M.Pd. dalam sambutannya pada acara pembukaan di bagian awal rangkaian kegiatan Workshop. Hal lain yang disampaikan Kepala Madrasah pada saat sambutan di acara pembukaan, bahwa kegiatan ini dihajatkan juga agar para pengurus dan anggota Ekskul MANDA TV MAN 2 Model Matram dapat meningkatkan kuantitas dan kualita memproduksi Berita Video di MANDA TV dari berbagai bentuk produk Berita Video yang telah berjalan selama ini.

http://ntb.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=299657