Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Ada Greenhouse Baru di MTsN Yogyakarta 1

Oleh Admin 07-11-2015 09:05:00

Sejak terpilih sebagai sekolah yang peduli lingkungan, MTsN Yogyakarta 1 terus saja berbenah diri untuk terus menciptakan lingkungan yang asri. Salah satunya adalah pembangunan greenhouse baru yang berada di area lapangan madrasah. MTsN Yogyakarta 1 sebelumnya sudah mempunyai sebuah greenhouse yang sederhana tepatnya di sebelah utara kolam ikan atau di depan perpustakaan madrasah.

Namun greenhouse ini dirasa kurang luas untuk sarana pembelajaran siswa madrasah. Untuk itu dibuatlah greenhouse yang baru yang lebih representatif dibandingkan greenhouse yang sebelumnya. Greenhouse ini sangat banyak mafaatnya. Selain untuk budidaya tanaman sehingga hasilnya lebih bagus, green house di MTsN Yogyakarta 1 juga merupakan tempat para siswa belajar sain secara nyata.

Suhu di dalam greenhouse dapat dimanipulasi sesuai kebutuhan tanaman sehingga tanaman dapat hidup dengan suhu yang cocok. Tanaman yang dihasilkan dari teknik tanam di dalam green house menjadi lebih baik. Greenhouse juga dapat menghindarkan tanaman dari hama yang berlebihan.

Guru Biologi madrasah Siti Ikhsanah menjelaskan, para siswa sering memanfaatkan green house untuk belajar biologi secara langsung. Selain belajar secara langsung, tanaman yang menjadi bahan pelajaran atau penelitian siswa dan ditempatkan di dalam green house dapat tumbuh maksimal sekaligus aman dari kerusakan baik yang disebabkan manusia, hewan atau faktor lain. Dengan melibatkan siswa MTsN Yogyakarta 1 dalam memeliharan dan memanfaatkan tanaman dalam green house diharapkan tumbuh pula karakter yang luhur cinta alam pada seluruh warga madrasah. Harapannya MTsN Yogyakarta 1 telah memulai gerakan ‘Madrasahku Hijau, Bumiku Hijau!’ (luf/bap)

http://yogyakarta.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=304017