Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Guru dan KTU Madrasah Ikuti Review KTSP dan PAIKEM

Oleh Admin 07-11-2015 09:12:51

Yogyakarta (Inhum) – Proses belajar mengajar sangat menentukan peningkatan kualitas pendidikan. Perolehan belajar berupa nilai-nilai dan keterampilan tertentu terukur melalui proses dan hasil belajar. Di Madrasah Ibtidaiyah, pendekatan dalam pembelajaran yang dianggap relevan  untuk menjawab tuntutan zaman adalah Pendekatan Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, atau biasa disingkat PAIKEM. Dikatakan demikian karena pendekatan PAIKEM dapat mengakomodasi tuntutan perkembangan seluruh aspek dalam diri anak, baik kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Sedangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Untuk itu Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama DIY mengadakan workshop review dokumen KTSP dan PAIKEM tahap III yang diadakan di ruang rapat IV kantor setempat, Kamis (5/11).

Oleh Sugeng Wibowo yang merupakan pengawas MTs Kemenag Gunungkidul, peserta yang terdiri dari guru dan KTU MI, MTs, dan MA swasta ini dipandu untuk memahami konsep KTSP dan PAIKEM selama tiga hari, yaitu 5-6 November 2015 dan 9 November 2015. Kegiatan diawali dengan pre test untuk mengetahui pemahaman peserta mengenai KTSP dan PAIKEM. “Salah satu tujuan workshop ini adalah mengidentifikasi upaya memaksimalkan implementasi pembelajaran aktif berupa pengelolaan kelas, keterampilan dasar mengajar, membuka dan menutup, keterampilan variasi, keterampilan membuat pertanyaan, serta menggunakan media dan pajangan kelas,” ungkap Sugeng Wibowo. Narasumber lainnya adalah Anita Isdarmini yang merupakan kepala MAN 2 Wates. (and)

http://yogyakarta.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=303681