Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

SEMANGAT DAN ISTIQOMAH

Oleh Admin 07-11-2015 09:20:59

KOTA TANGERANG – Inmas. Kementerian Agama Kantor Kota Tangerang melalui Penyelenggara Syariah menyelenggarakan Sosialisasi Undang Undang Wakaf. Bertempat di Aula Kantor Kemenag Kota Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan II Cikokol Kota Tangerang.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang Drs. H. Dedi Mahfudin, M. Si, didampingi oleh Penyelenggara Syariah Drs. HM. Arsyad, M. Pd. Dan Panitia Kegiatan.

Dalam arahnnya kepala kantor mengatakan wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan sebagian benda miliknya,untuk dimanfaatkan selamanya atau dalam jangka waktu tertentu sesuai kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariah ( undang Undang Wakaf No. 41 Tahun 2004 )

Adapun hikmah yang terkandung didalamnya adalah

(1). Harta benda yang diwakafkan dapat tetap terpelihara dan terjamin kelangsungannya, tidak perlu khawatir barangnya hilang atau berpindah tangan, karena secara prinsif barang wakaf tidak boleh di tassarufkan, apakah itu dalam bentuk menjual, dihibahkan atau diwariskan. (2) Pahala dan keuntungan bagi si wakif akan tetap mengalir walaupun suatu ketika ia telah meninggal dunia, selagi benda wakaf itu masih ada dan dapat dimanfaatkan. (3)Wakaf merupakan salah satu sumber dana yang sangat penting manfaatnya bagi kehidupan agama dan umat.

Nadzir Wakaf adalah orang atau badan hukum yang memegang amanat untuk memelihara dan mengurus harta wakaf tersebut. Sedangkan menurut UU No.41 Tahun 2004 Pasal 1 ayat 4 tentang wakaf menjelaskan bahwa nadzir adalah fihak yang menerima harta benda wakaf dari wakif untuk dikelola dan dikembangkan sesuai dengan peruntukannya.

Pekerjaan seorang nadzir sangat mulia dan berat, realitas dilapangan belum sebanding dengan beban pekerjaan yang diembannya, sarana penunjang untuk nadzir belum memadai. Yang dikedepankan  tolong menolong dan keikhlasan, agar menjadi nilai ibadah.Walaupun demikian nadzir harus tetap semangat ungkap kepala kantor.

Apapun nama dan organisasinya kita harus inovatif, artinya kita harus selalu mengikuti perkembangan informasi, kita harus selalu Update. Yaitu Update Pemikiran Update Hati dan Update Keinginan. Kita bukan hanya tau Tugas dan Fungsi kita sebagai nadzir tapi juga melaksanakannya.

Wakaf yang sudah sampai Akta Ikrar wakaf harus segera ditindaklanjuti jangan sampai terbengkalai. Kita harus meyakinkan dan memberi keyakinan pada wakif tentang keberadaan tanah wakaf, ujarnya.

Bapak harus bangga jadi pengurus nadzir sebab tidak semua orang bisa dan mempunyai kesempatan untuk itu.

Kepala Kantor menganjurkan  kepada para nadzir agar membuat program dan rancangan Anggaran Biaya ke Pemkot Tangerang. Saya siap untuk menjembatani dan mengkomunikasikan dengan Walikota Tangerang, Ungkapnya. (Hasan-Inmas )

http://banten.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=303922