Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Ka.Kanwil: Pendidikan Anak Usia Dini adalah Pendidikan yang Sangat Menentukan untuk Generasi Mendatang

Oleh Admin 08-11-2015 07:57:51

Jakarta (Inmas) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Dr. Abdurrahman Harun, M, Ag memberikan sambutan sekaligus membuka acara “Workshop Pembuatan Alat Peraga Edukatif pada RA/BA sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi  Tenaga Pendidikan RA” didampingi oleh Kabid Pendidikan Madrasah Drs. H. Sadirin, MA., para Kasie. Pendidikan Madrasah yakni Kasie. Kelembagaan dan Sistem Informasi Drs. Aminullah, M.Pd., Kasie. Pendidikan dan  Tenaga Kependidikan H. Imran Hatumena, S.Ag., dan para guru Raudhatul Athfal se-Provinsi DKI Jakarta sebagai peserta sebanyak 125 orang yang akan dilaksanakan selama dua hari pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 6-7 November 2015 di Hotel Feva PGC, Jakarta Timur.

Maksud dan tujuan diadakannya acara ini adalah pertama, untuk meningkatkan kompetensi dan kreatifitas Guru Raudhatul Athfal (RA) tentang pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE) dan kedua, agar guru RA dalam proses pembelajaran mengenakan alat peraga edukatif sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak-anak usia dini atau anak-anak RA.

“Tujuan penyusunan APE yakni satu, memperjelas materi yang disampaikan maka perlu alat bantu sebagai alat peraga, memberikan motivasi dan merangsang anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen, memberikan kesenangan kepada anak dalam belajar, mengembangkan aspek kecerdasan dan social dalam berinteraksi,” ujar KaKanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta Dr. Abdurrahman, MA., Jumat (6/11).

Untuk sasaran yang dituju dalam acara ini yakni Guru-guru RA se-Provinsi DKI Jakarta. Adapun materi yang akan disampaikan pada acara kali ini yakni mengenai kebijakan Kementerian Agama Republik Indonesia dalam rangka peningkatan mutu guru RA di Provinsi DKI Jakarta dan metode pembelajaran anak usia dini melalui permainan: 3 pembuatan alat peraga edukatif sederhana pada RA, 4 pembuatan alat peraga edukatif bahasa, dan 5 pembuatan alat peraga edukatif dari bahan kardus.

“Pendidikan anak usia dini justru akan menentukan kepribadian dan kesuksesan seseorang kedepan sebab pendidikan anak usia dini merupakan peletakan atau pondasi, oleh karena itu pondasi yang diberikan kepada anak usia dini harus kuat dan benar agar tidak lahir mentalitas yang salah,” ujar Abdurrahman.

Dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan, seorang guru harus membekali ilmu pengetahuan dengan teknologi. Pendidikan usia dini adalah pendidikan dasar yakni pendidikan yang sangat menentukan.

 “Jangan jadikan generasi penerus yang cerdas tapi tidak berakhlaq atau bermoral. Pengetahuan dasar tentang umum dan pengetahuan dasar tentang agama diajarkan di Raudhatul Athfal” ujarnya sebelum mengakhiri pengarahannya. (an/s79)

http://dki.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=304001