Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Sosialisasi Google Apps for Education (GAfE) di Workshop Sosialisasi Pengembangan Madrasah Research

Oleh Admin 08-11-2015 08:11:29

Jakarta Selatan, 04 November 2015. Google Educators Group (GEG) East Jakarta diberikan kesempatan untuk mensosialisasikan Google Apps for Education (GAfE) dalam kegiatan Sosialisasi Pengembangan Madrasah Research yang bertempat di MAN 13 Jakarta. 

Kepala Seksi Kurikulum Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. DKI Jakarta, Drs. H. Nur Pawaiduddin M.Pd memperkenalkan kami, Catur Yoga Meiningdias (GEG East Jakarta Leader/Guru TIK MAN 9 Jakarta) dan Okdafid (GEG East Jakarta Co.Leader/Guru SKI MTSN 18 Jakarta) kepada 70 peserta yang berasal dari 22 Madrasah Aliyah Negeri, 42 Madrasah Tsanawiyah Negeri dan 6 Madrasah Swasta. Peserta yang hadir adalah guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai Wakil Kurikulum di madrasahnya.

Guru abad ke-21 menyadari bahwa kita sekarang hidup di era digital, saat teknologi dapat meningkatkan kehidupan masyarakat dalam bekerja dan bermain. Sebagai guru di era digital ini, kita memiliki tugas yang menarik untuk membawa teknologi ke dalam kelas dengan cara membuat kegiatan belajar menjadi relevan dan lebih menarik serta dapat membangun kepercayaan diri sendiri dalam perkembangan teknologi.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat merubah proses belajar mengajar. TIK memposisikan kembali wewenang guru di dalam kelas, dari seorang instruktur ke mentor dan pemandu, dan membuat mereka untuk:

  • Membantu siswa membangun kemampuan bekerja secara kolaboratif
  • Membantu Siswa mengakses dan menilai materi serta contoh dari dunia nyata, tidak hanya dari buku teks.
  • Memberikan umpan balik dan memandu siswa untuk menemukan jawaban
  • Berkolaborasi dengan guru dan instansi lain untuk menyediakan sumber kesempatan belajar
  • Mempromosikan hasil kerja siswa ke orang yang lebih banyak, baik lokal maupun global.

Oleh karena hal itu kami GEG East Jakarta, memperkenal apa itu Google Apps for Education (GAfE), yaitu: Serangkaian alat komunikasi dan kolaborasi gratis untuk pendidikan yang terdiri dari Gmail, Kelas, Dokumen, dan Drive, yang dapat digunakan untuk belajar di mana saja, kapan saja, dan di perangkat apa saja. Dengan menggunakan GAfE memungkinkan untuk mengajarkan inovasi, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi kepada para peserta didiknya.

Kami dari komunitas Google Educators Group (GEG) East Jakarta mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak H. Nur Pawaiduddin yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mensosialisasikan GAfE untuk pendidikan di Madrasah.

http://dki.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=303515