Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

UPZ KEMENAG LAMPUNG TIMUR DISTRIBUSIKAN ZAKAT PROFESI

Oleh Admin 08-11-2015 08:19:57

Lampung Timur, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Timur, menyalurkan zakat profesi Pegawai Kemenag dalam Program Kemenag Melati (Kementerian Agama Membangun Lampung Timur) tahap IV pada 2015 sebesar Rp 120 juta.

 

Kakankemenag Lampung Timur, Drs. H. Tomtomi, M.Ag ketika menyerahkan zakat secara simbolis kepada mustahik di Aula Kankemenag setempat, Rabu, 4 November 2015 menyebutkan, zakat yang diberikan itu disamping untuk pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat du’afa dan fakir miskin, zakat ini pula diperuntukkan bagi peningkatan ekonomi kerakyatan.

 

“Zakat ini juga untuk memotivasi penerima agar lebih bertaqwa kepada Allah,” ujarnya.

 

Ia berharap kepada mustahik bisa mempergunakan dana zakat tersebut dengan sebaik-baiknya. “Pergunakanlah sesuai dengan peruntukannya, sehingga bisa keluar dari keterpurukan ekonomi dan menjadi muzaki kedepannya,” katanya.

 

Ketua UPZ Kankemenag Lampung Timur, Solihin Panji mengatakan, zakat konsumtif diberikan kepada 150 orang masyarakat miskin, sementara zakat ekonomi produktif diserahkan kepada 23 mustahik atau penerima zakat yang ada di daerah itu untuk peningkatan ekonomi kerakyatan.

 

“Dana tersebut disalurkan mulai hari ini dengan nilai bervariasi, dari Rp. 2 juta sampai Rp. 5 juta. Ini merupakan yang keemat kalinya secara kolektif pada Tahun 2015 ini,” katanya.

 

Ia mengatakan, sebelum dilakukan penyaluran dana tersebut, UPZ Kankemenag Lampung Timur terlebih dahulu melakukan sosialisasi terhadap para mustahik.

 

“Sebelum dana bantuan disalurkan, UPZ juga terlebih dahulu melakukan verifikasi terhadap para mustahik tersebut,” tambahnya.

 

Mustahik yang akan menerima, kata dia, sudah direkomendasi para Kepala KUA dengan indikator masyarakat miskin yang berpotensi mengembangkan usaha.

 

Dari 23 orang mustahik zakat produktif tersebut, sebut dia, menerima bantuan berbagai macam bentuk mulai dari uang sampai barang keperluan dari usaha yang ditekuni.

 

“Mustahik ada yang langsung menerima bantuan berupa barang seperti, kebutuhan peralatan kerja home industri, peralatan menjahit dan pertukangan,” katanya.

 

Salah seorang penerima zakat Nur Sumarni mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh UPZ tersebut, dengan harapan bisa mengangkat derakat perekonomiannya.

 

“Alhamdulillah, mudah-mudahan batuan ini berkah dan bisa berkembang, sehingga saya tidak lagi jadi penerima zakat nantinya,” katanya.

 

Menurut dia, program dari UPZ Kankemenag Lampung Timur dalam menyalurkan zakat sangat baik, sehingga bisa memberikan motivasi bagi warga yang tergolong kurang mampu dalam mencari nafkah.

 “Penerima zakat bisa termotivasi, berinovasi dalam berusaha untuk kelangsungan hidup, dengan harapan keluar dari keterpurukan ekonomi nantinya,” sebutnya. (sol)

 

http://lampung.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=303960