Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

BIMBINGAN TEKNIS PENGOLAHAN SAMPAH ORGANSIK

Oleh Admin 09-11-2015 04:54:10

Kab. Pamekasan (MTsN Parteker)- Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pamekasan mengadakan bimbingan teknis pengolahan sampah organik untuk diolah sehingga menjadi barang yang bermanfaat yaitu kompos (7/11).

Peserta bimbingan ini adalah sekolah/madrasah yang akan mewakili Kabupaten Pamekasan dalam lomba Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur yang akan diadakan sekitar bulan Februari tahun depan, yaitu SDN Kolpajung II, SDN Barkot III, dan MTs Negeri Parteker sebagai tuan rumah.

Menurut Hariyadi, salah satu anggota tim dari BLH tujuan utama dari kegiatan ini adalah agar siswa tahu bagaimana proses pembuatan kompos dengan menggunakan sisa-sisa bahan organik seperti daun, atau batang tumbuhan yang sudah tidak berguna lagi, dan menyalurkan ketrampilan tadi ke teman-temannya yang lainnya.

Pengetahuan tentang lingkungan akan menumbuhkan keseimbangan, stabilitas, dan produktifitas terhadap tatanan unsur-unsur lingkungan hidup yang berupa unsur biotik, abiotik, dan sosial budaya menurut Ibu Nurjannah saat menyambut kedatangan tim BLH dari Kabupaten.

Bahan untuk membuat kompos adalah dedak, sampah, pupuk kandang, dan stater. Sedangkan bahan organik yang baik untuk dijadikan bahan adalah daun terong, daun jati, daun pepaya, dan daun buah kersen. Setelah 3 minggu sampai dengan 1 bulan bahan sudah berubah menjadi kompos. (hms)

http://jatim.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=304432