Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Menag: MTQ Dekatkan Nilai Suci Al-Quran Dengan Masyarakat

Oleh Admin 09-11-2015 05:17:49

Sawahlunto (Pinmas) —-  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan penyelenggaraan MTQ  adalah warisan luhur para pendahulu yang menegaskan cermin budaya dalam mendekatkan Al-Quran dengan masyarakat. 

“Makna MTQ bukan sebatas pada perayaannya secara seremonial,  tetapi akan lebih mendekatkan nilai-nilai mulia Al-Quran kepada masyarakat,”  ucap Menag Lukman Hakim Saifuddin saat memberikan sambutan pada pembukaan MTQ Nasional ke-36 tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diselenggarakan di Kota Sawahlunto, Minggu (08/11) malam.  

Hadir dalam kesempatan ini,  Pejabat Gubernur Provinsi Sumatera Barat Reydonnyzar Moenek, Walikota Sawahlunto  Ali  Yusuf, Kepala Biro Umum Kemenag Safrizal, Kakanwil Kemenag Sumbar Salman, serta ribuan masyarakat Sawahlunto. “MTQ membawa pesan terindah bagi keragaman, bahwa kita umat Islam berada di baris terdepan dalam menjaga keragaman NKRI,” tambahnya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin  mengatakan Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Provinsi Sumatera Barat  merupakan momentum penting bagi umat Islam Minangkabau agar lebih mendalami dan mengimplementasikan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. 

Terlebih, kekuatan adat dan budaya Minangkabau berbasis pada filosofi  Adat Bersendi Syara  dan Syara Bersendi Kitabullah. “Dari situ, pembentukkan watak generasi masyarakat Minangkabau sebenarnya diawali,”  ucap Menag.  

Penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi yang diselenggarakan secara rutin penting, lanjut Menag,  setidaknya dapat dijadikan moment untuk membangun kesadaran bersama bahwa nilai-nilai Kitabullah (Al Quran)  yang menjadi bagian adat Minangkabau harus terus dijaga dan dikembangkan. 

Menurut Menag, di era keterbukaan informasi yang semakin agresif dan menyeruak,  kehidupan  masyarakat perlu dibentengi dari budaya-budaya modern yang merusak. Pada saat yang sama,  umat Islam juga dapat mengamalkan nilai-nilai Al Quran dengan baik dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkup pribadi, keluarga,  masyarakat,  bangsa serta semesta.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provisinsi Sumatera Barat ini  berlangsung dari tanggal 7 – 15 November mendatang. (ba/mkd/mkd)

http://kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=304468