Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

MTQ-Hifzhil Usai, Nasyid-Khutbah Pagi dan CC-Pidato Siang

Oleh Admin 09-11-2015 09:12:48

 

[Kota Jantho | Yakub]  Pagi ini musabaqah nasyid antar siswa SMA dan SMK dalam hajatan yang digelar oleh Bidang PAI Kanwil Kemenag Aceh dan Disdik Aceh dilanjutkan. Selain nasyid juga, dalam tenda besar di lanjutkan dengan lomba Cerdas Cermat (CC) islami, dan sajak islami.

Di panggung utama, lomba pidato juga dituntaskan, sebagai lanjutan pada sesi hari pertama kemarin, usai pembukaan yang dihadiri Kakanwil, Pangdam (diwakili Dandim o101/AB sebagai pejabat yang membuka), para Kakankemenag, unsur Forkompimda Aceh dan Aceh Besar, pers, dan undangan.

Arena Perkampungan Perkampungan Kerohaniaan Islam (Rohis) di Bumi Perkemahan Kota Jantho, lebih kering dan cuaca kian cerah, berbeda dengan siang Ahad (8/11) saat pembukaan. Juga saat persiapan dan gladi Sabtu, masih hujan.

Hari pertama, dan dilajutkan siang ini, peserta selain belomba di cabang nasyid, juga dilanjutkan dengan pidato/ceramah anti narkoba. Tampak Muhammad Ikhlasul Amal dari ‘Modal Bangsa’ bawakan tema ‘Ayo Tuntut Ilmu’ dan selanjutnya, bawakan ‘Mensiasati Tipu Daya Dunia’... dalam dua khutbah, tak pakai tongkat, dan tak ada podium, karena ini cuma lomba. Memang Nabi SAW awal-awal memang khutbah tak ada mimbar.

Juri untuk nasyid Deni Rahmadi, Nurlaila SPd, dan Nazaruddin SAg. Sedangkan untuk CC untuk hari ini, ada Amri Yusuf Lubis MPd, Munirawati, Ferri Ardiansyah Lc dan Rahmatillah MPd. 

MTQ untuk siswa didewanhakimka oleh Drs Tgk Rusydi dan Rahmwati SAg. MTQ dipadukan dengan hifzhil quran dengan dewan hakim Drs Tgk Mukzi Abdullah dan Syarifah Rahmah SAg yang bacakan Kalam Ilahi pagi pembukaan, yang juga disambung dengan shalawat. Khusus pidato, ada tambahan Dra Cut Lina Armaida MPd dan Sayed Chawaled MA.

Selain lomba, juga ada penampilan bakat lainnya, hari ini. “Perkampungan yang dimulai sejak Sabtu-Kamis (7-12/11), diikuti 400 siswa. Terdiri dari 168 siswa SMK, dan 332 siswa SMA, serta 47 pendamping. SMK mengirimkan 2 putra dan putri, dan SMA 5 putra dan putri, per kabupaten/kota,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Aceh Drs H M Daud Pakeh, dalam laporan acara pembukaan.

Acara Kerohanian Islam (Rohis) merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di luar jam pelajaran. Tujuannya untuk menunjang dan membantu mewujudkan keberhasilan pembinaan moral siswa. Rohis sangat penting sebagai wadah untuk melakukan pengembangan dan pembinaan keagamaan siswa di sekolah.

Selama perkampungan, sejumlah agenda acara siswa SMA/SMK se Aceh, bukan seperti acara pramuka, meski berpola pramuka. Di sini anak-anak akan disajikan aktivitas yang sarat dengan lomba, dan latihan ‘membina rumah tangga’, ‘gampong’, ‘mukim’, ‘kecamatan’, dan ‘kabupaten’.

[pembacaan sajak ‘Istighfar’]

Acara di sini, di antaranya aneka musabaqah yaitu: khutbah, hifdzil quran, CC islami, sajak, dan penampilan bakat lainnya. Ada juga seminar Rohis, khusus bagi pendamping. Juga ada pembinaan pengkaderan. Ada juga di dalamnya nanti zikir bersama, shalat, bahkan manasik. Semua di lapangan. []

[Delegasi Aceh Jaya istirahat sambil simak khutbah di mobil polisi]

 

http://aceh.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=304331