Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Menag RI : MTQ Harus Mampu Mendorong Generasi Muda Berinteraksi dengan Kitab Suci

Oleh Admin 09-11-2015 09:37:22

Padang, Inmas—Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke XXXVI tingkat Sumatera Barat ditabuh. Perhelatan akbar dua tahunan ini dibuka Menteri Agama RI H. Lukman Hakim Saifuddin, tadi malam, Minggu (8/11) pukul 21.00 WIB di Lapangan PTBA UPO Kota Sawahlunto. Acara diawali penampilan de file kafilah yang berasal dari 19 Kab/Kota se Sumatera Barat.

Kemeriahan pembukaan MTQ ini disaksikan Menag RI bersama rombongan, Kepala Gubernur Sumatera Barat, H. Reydonnizar Monek, Ketua DPRD Sumbar dan Ketua DPRD Kab/Kota, Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Salman dan Kakan Kemenag se Sumatera Barat, Unsur Muspida dan Masyarakat Kota Sawahlunto yang memenuhi Tribun PTBA Ini.

H. Lukman Hakim Saifuddin, ketika membuka even akbar Sumbar ini mengatakan MTQ merupakan momentum penting bagi Islam Minangkabau agar lebih mendalami dan mengimplementasikan nilai-nilai Al-quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Seperti kita ketahui kekuatan adat budaya Minangkabau menganut filosofi Adat Bersendi Syara’ (Syariat Islam) dan Syara’ Bersendi Kitabullah. Filosofi ini telah menyatu dalam benak masyarakat Minangkabau sebagai satu kesatuan nilai kebudayaan”, ungkap Menag.

Selain itu, kata Menag lagi, pelaksanaan MTQ tingkat Sumatera Barat dapat dijadikan sebagai peluang untuk meningkatkan pembinaan dan pembangunan agama dan keagamaan di masyarakat. “Hari ini kita menyaksikan betapa agama begitu banyak dinanti perannya di masyarakat. Agama berperan besar dalam pembangunan akhlak, moral dan perilaku. Bagi masyarakat modern, agama adalah entitas yang tak bisa dinegasikan peran peran dan kedudukanya, bahkan dari itu agama menjadi ruh perjalanan peradaban modern.

Diakhir arahannya Menag berharap, MTQ harus dapat mendorong generasi muda untuk lebih bergairah lagi dalam berinteraksi dengan kitab suci. “MTQ haruslah dijadikan momentum untuk menyemangati generasi muda untuk terus meningkatkan kapasitas intelektual guna membuktikan  kepada masyarakat bahwa alqur’an bukan hanya kitab suci tetapi juga petunjuk bagi umat manusia untuk membangun peradaban baru”, harapnya kepada ratusan peserta MTQ.

Dipenghujung acara pembukaan MTQ makin meriah dengan penampilan tari kolosal dari siswi SLTP dan SLTA se Kota Sawahlunto dengan pelatih dari STSI Padang Panjang. Balutan busana nan cerah semakin menambah semarak pembukaan MTQ ini. Rina_Risna

 

http://sumbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=304570